Bupati Sukabumi Dorong Petani Berinovasi Tingkatan Nilai Tambah Produksi Pertanian
-->

Advertisement


Bupati Sukabumi Dorong Petani Berinovasi Tingkatan Nilai Tambah Produksi Pertanian

LKI CHANNEL
12 November 2019


LKI CHANNEL - SUKABUMI
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri acara gerakan panen dan tanam bawang merah dalam rangka meningkatkan produktivitas dan mutu tanaman hortikultura di Kabupaten Sukabumi. Selasa 12/11/2019

kegiatan yang digagas oleh Dinas Pertanian Sukabumi ini bekerja sama dengan kelompok tani Tegal Lega Desa Loji Kecamatan Simpenan Pelabuhan Ratu dengan tujuan untuk bisa menghitung jumlah produk hasil tanam para petani.

Kepala Dinas pertanian Ir. Sudrajat, menyatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu tanaman holtikultura khususnya bawang merah,"Ungkapnya

Luas lahan tanaman bawang merah yang dipanen sekitar 1000 M2, yang dipanen dikelompok tani Tegal Lega 1000 M2 dan untuk keseluruhan luas tanah yang ditanami bawang merah di Kecamatan Simpenan yaitu 17 Ha," Jelasnya.

Bupati sangat mengapresiasi dengan kerja keras para petani untuk terus mengembangkan mutu komoditas bawang merah dikabupaten Sukabumi.

Semoga acara pada hari ini bukan sekedar seremonial semata melainkan benar-benar dapat memotivasi patani untuk meningkatkan produksi hasil pertanian khususnya bawang merah dan melakukan percepatan olah tanah  dan tanaman sehingga sasaran produksivitas dapat tercapai," Jelasnya.

Menurut Bupati, pemerintah akan terus mendorong para petani dalam mengembangkan bawang merah supaya lebih intensif dan produktif. Para petani harus bisa berinovasi untuk mengolah tanaman bawang merah ini jangan hanya pas panen langsung dijual namun bagaimana nanti kita akan dorong para petani untuk berinovasi untuk menciptakan olahan-olahan berbahan dasar bawang merah agar nilai jual bawang merah akan lebih baik dan kesejahtraan bagi para petanipun akan terus meningkat.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi beserta jajaran perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi secara langsung ikut memanen bawang merah dan menanam bawang derah dilahan yang sudah dipanen sebelumnya.

Tak hanya itu Bupati Sukabumi menyerahkan bantuan berupa pupuk organik padat dan cair serta memberikan benih bawang kepada para petani,"Pungkasnya.

( Mamat S/ Dolen)