Jeritan hari nenek tua di Kampung Pangkalan desa Mekarjaya kecamatan Caringin
-->

Advertisement


Jeritan hari nenek tua di Kampung Pangkalan desa Mekarjaya kecamatan Caringin

LKI CHANNEL
13 November 2019

LKI-CHANNEL,SUKABUMI
Sangat memprihatinkan melihat kondisi beberapa warga Kampung Pangkalan Desa Mekarjaya Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi terlihat fakta di lapangan mereka membutuhkan bantuan dari pemerintah tingkat bawah sampai Pemerintah tingkat atas, Saat menghampiri penghuni rumah gubuk terlihat seorang nenek tua sedang duduk dan menghitung uang recehan di bale bambu rumahnya yang terlihat sudah usang. Saat diajak berbincang bincang nenek tua yang berinisial (I) pun menuturkan bahwa dirinya baru datang selepas jualan gorengan, dia menuturkan bahwa dia tinggal berdua bersama suaminya yang sudah tua renta dan sudah tidak bisa mencari nafkah dikarenakan faktor umur (12/11/19).

Nenek ini pun menuturkan bahwa dirinya belum pernah menerima bantuan dari  pemerintah baik bantuan pemerintah non tunai (BPNT), tidak pernah menerima bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan mengatakan tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah tingkat bawah maupun pemerintah tingkat atas. Nenek ini melanjutkan ceritanya bahwa selama ini belum pernah ada bantuan atau kunjungan dari pemerintah tingkat bawah maupun tingkat atas. Bahkan saat rumahnya hampir roboh tidak pernah ada perhatian hingga menantunya yang kesehariannya bekerja sebagai ojeg membetulkan rumahnya dengan dana dan bahan seadanya.

Selain Nenek yang hanya tinggal bersama kakek tua, ada lagi salah satu rumah gubuk bambu yang menarik perhatian, saat ditanya ternyata seorang janda tua yang tinggal bersama satu anaknya dengan kondisi sama yaitu tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah tingkat bawah maupun pemerintah tingkat atas.

Pemerintah tingkat bawah dan tingkat atas diharapkan peka terhadap masyarakat di lingkungannya, banyak fakir miskin maupun jompo yang seharusnya tanggungjawab pemerintah, malah terabaikan dan tidak bisa menikmati jaminan atau program pemerintah yang layak mereka dapatkan.

Kesejahteraan, pemberdayaan dan kesehatan belum dirasakan oleh segelintir masyarakat miskin yang memang sangat membutuhkan dan berhak atas bantuan maupun program pemerintah, hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan dari pemerintah tingkat bawah maupun pemerintah tingkat atas hanya impian belaka.
(m.satibi)