Ketua PWI JABAR resmikan patung Raden Mas Tirto Adhi Soerja ,sebagai pelopor Pers Nasional
-->

Advertisement


Ketua PWI JABAR resmikan patung Raden Mas Tirto Adhi Soerja ,sebagai pelopor Pers Nasional

LKI CHANNEL
29 November 2019

LKI-CHANNEL,CIANJUR

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat dan Plh Bupati Cianjur, Aban Sobandi resmikan patung Tirto di markas besar PWI Kabupaten Cianjur, Gedung Bale Pawarti, Jumat (29/11/2019). Kegiatan itu sekaligus menjadi acara pembuka pada orientasi kewartawanan dan keorganisasian (OKK) PWI.

Hilman Hidayat menuturkan Raden Mas Tirto Adhi Soerja merupakan sosok pelopor pers nasional yang dianugerahkan gelar pahlawan oleh pemerintah atas jasanya. Tirto menjadi peletak tonggak sejarah pers pribumi dengan menerbitkan koran pertama milik pribumi.

"Tirto mendirikan koran Soenda Nerita pada tahun 1903," tuturnya dalam sambutan , Sementara, Plh Bupati Cianjur, Aban Sobandi hanya memberikan komentar singkat. Ia berharap dengan adanya patung Tirto akan menjadi motivasi baru bagi jurnalis di Cianjur.

"Semoga PWI Cianjur dapat lebih maju dan berkembang kedepannya," harapnya.
Diwawancara terpisah, Ketua PWI Cianjur, Mohammad Ikhsan mengungkapkan bahwa peresmian patung Tirto hanya simbolis. Tujuan utamanya adalah mengaplikasikan semangat dari sosok Tirto.

"Semangat, spirit Tirto dalam membangun Cianjur melalui profesi jurnalis, melalui media cetak. Tirto merupakan pahlawan nasional," ungkapnya seusai OKK.

Ikhsan mengaku pendirian patung Tirto merupakan cita-citanya sejak lama. Alasannya jelas, Tirto menjadi tonggak sejarah jurnalisme di Indonesia, khususnya Cianjur , Sosok Tirto sangat spesial, beliau sebagai pelopor koran milik pribumi disini (Cianjur, red)," pungkasnya.

Informasi dihimpun, di seluruh kantor perwakilan PWI di Indonesia, hanya di kantor PWI Kabupaten Cianjur yang memiliki patung Tirto. Alhasil, sosok patung setengah badan  Raden Mas Tirto Adhi Soerja menjadi bahan perbincangan, bahkan sempat disinggung di dalam salah satu sesi acara OKK. (wan)