kemandirian ekonomi masyarakat berbasis ekonomi,Pemkab sukabumi gelar Fashion & Culinary nite
-->

Advertisement


kemandirian ekonomi masyarakat berbasis ekonomi,Pemkab sukabumi gelar Fashion & Culinary nite

LKI CHANNEL
14 December 2019

LKI-CHANNEL , SUKABUMI
Fashion & Culinary Nite kembali digelar Pemkab Sukabumi, perhelatan ini bertujuan memperkenalkan keragaman fashion dan kuliner di Kabupaten Sukabumi sebagai sarana penunjang pengembangan dan pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM.

Masyarakat antusias mengunjungi Acara yang pusatkan di Halaman STISIP Widyapuri Mandiri Cisaat tersebut, Jumat (13/12/2019). Fashion and culinary nite yang ke-2 di-ikuti oleh 56 pelaku UKM dan dijadwalkan dari 13 s/d 15 Desember 2019. Hadir pada acara tersebut unsur Forkofimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan undangan lainnya.

Ketua Dekranasda Kab. Sukabumi, Hj. Yani Jatnika Marwan dalam sambutannya mengatakan bahwa Dekranasda adalah organisasi yang berkiprah dalam memfasilitasi, membina dan menumbuhkembangkan masyarkat yang bergerak dalam bidang kerajinan, salah satunya ditandai dengan kepedulian yang sangat besar untuk meningkatkan potensi pengrajin/Ukm di Kab. Sukabumi.

Menurutnya maju tidaknya pengrajin dan UKM disuatu daerah seringkali dihubungkan dengan peran dekranasda, selain pembinaan oleh pemerintah daerah melalui perangkat daerah terkait. "Alhamdulillah Event Sukabumi Fashion dan Culinary Nite 2019 kedua kalinya ini dapat terlaksana mudah-mudahan dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Sukabumi".

Sementara itu Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang membuka acara tersebut, menegaskan bahwa Ajang Fashion & Culinary Nite Festival 2019 merupakan wujudnyata kepedulian Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor usaha masyarakat, mendorong terbukanya lapangan kerja serta mendukung industri dan ekonomi kreatif. "Mudah-mudahan kedepan, event ini menjadi agenda rutin, yang mana tujuannya untuk melestarikan budaya dan kuliner tradisional yang dikemas secara modern untuk meningkatkan citra para pelaku usaha mikro kecil di Kab. Sukabumi. Dipromosikan bersama melalui media publikasi ketingkat Propinsi maupun Nasional bahkan internasional".

H. Marwan Hamami berharap Kehadiran kegiatan ini menjadi sebuah program yang konsisten untuk terus melestarikan dan mengembangkan nilai luhur budaya dan perekonomian daerah. "Hak tersebut sesuai dengan Misi Kab. Sukabumi yaitu meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis ekonomi lokal melalui bidang agribisnis, pariwisata serta industri yang berwawasan lingkungan" ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Sukabumi meminta kepada pihak terkait untuk berperan aktip guna membantu dan memfasilitasi kebutuhan sarana prasarana pengembangan usaha, baik legalisasi perizinan, akses permodalan serta pemasaran dan promosi. "Agar UMKM Kab. Sukabumi semakin maju, produknya menjadi ikon daerah, serta dalam menjalankan usahanya bisa mandiri dan berdayasaing global" Pungkasnya.(yp)