Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Apel Kesiapan Bencana Alam
-->

Advertisement


Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Apel Kesiapan Bencana Alam

REDAKSI
26 Desember 2019

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Satuan Komando Distrik Militer 0622 Kabupaten Sukabumi Gelar Apel Kesiapan Bencana Alam Di lapangan Sudirman Palabuhanratu kabupaten sukabumi provinsi Jawa barat. Kamis (26/12/2019).


Hal tersebut sangat perlu di selenggarakan, pasalnya sebagai dasar implementasi keterlibatan TNI Dalam Oprasi Militer selain perang berdasarkan UU No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0622 kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno, S.Sos dan di ikuti kurang lebih 150 orang.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kasdim 0622 sukabumi Mayor INF Asep Suwandan, Kasatpol PP Acep Saepudin, Kabid Tibumtranmas Bambang, Kasi kedaruratan bencana alam BPBD kabupaten Sukabumi H. Eka Widiaman, Para Danramil, dan Para Staf Kodim 0622 kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi menyampaikan, bahwasanya tanggal 26 April Ditetapkannya UU Nomor 24 tahun 2007, yang merupakan perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke prefentif.

Berdasarkan hasil kajian resiko bencana yang disusun BNPT tahun 2015, jumlah jiwa terpapar resiko bencana kategori sedang-tinggi yang tersebar di 34 provinsi mencapai 254.154.398 jiwa, selama tahun 2017 terdapat 2.372 kejadian bencana yang mengakibatkan 377 juta jiwa mengungsi.

"Penanggulangan bencana bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari berbagai bencana, menyelaraskan persatuan perundang-undangan yang sudah ada, menjalankan penanggulangan bencana secara terencana, menghargai budaya lokal serta mendorong semangat gotong royong". Papar Dandim.

Diperkirakan arah gambaran tren bencana global kedepan cenderung akan meningkat karena pengaruh beberapa faktor, seperti meningkatnya jumlah penduduk, urbanisasi, degradasi lingkungan, kemiskinan, dan pengaruh perubahan iklim global.

Setelah kegiatan apel selesai dilanjutkan dengan acara demonstrasi tentang evakuasi korban bencana alam dari Tim BPBD kabupaten Sukabumi, Serta pemberian materi tentang penanggulangan bencana perwakilan dari kodim 0622 oleh kapten INF Edi.      (Hengki juendi)