Petani Kelapa Solusi Bangun Kemajuan Ekonomi Rakyat Kab.Sukabumi
-->

Advertisement


Petani Kelapa Solusi Bangun Kemajuan Ekonomi Rakyat Kab.Sukabumi

REDAKSI
23 Desember 2019


LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Upaya mensejahterakan Rakyat beberapa faktor yang mesti di perhatikan selain pembangunan insftratuktur jalan , juga pengembangan usaha.

Dinas pertanian kabupaten Sukabumi melalui program yang di jalan kan nya mulai nampak hasil yang di rasa kan oleh masyarakat , salah satu nya adalah Kelapa .


Saat team media mengunjungi Dinas Pertanian bidang perkebunan, kepala bidang (Kabid) Deden menyampaikan bahwa para petani yang memiliki kelapa sudah mulai maju dan berkembang dengan hasil yang mereka olah.

" Pengolahan kelapa menjadi Gula cetak  di wilayah kabupaten Sukabumi  oleh para petani sendiri saat ini sudah berkembang , bayang kan saja dari 1 Hektar tanah yang di tanam kelapa bisa menghasilkan minimal 50 kg perhari,itu hitungan paling dan amat sedikit nya, kalau sehari dapat 50 kg x 30 hari = 1500 kg /hari ,berikut rincian nya untuk produk gula cetak kelapa 50 kg x Rp.10.000,-= Rp. 500.000,- dikurangi upah kerja 250.000,- pendapatan bersih Rp. 250.000,-/hari/Ha/100 phn
saya rasa ini sudah lumayan buat kebutuhan sehari hari ,"ungkap Kabid Deden.

"Untuk pemasaran nya sendiri mereka sudah tidak bingung karna sudah ada para pengusaha Gula di sana ,jadi kesulitan tentang pemasaran sudah dapat di atasi,"terang nya.

Kabid perkebunan Deden pun menyampaikan bahwa saat ini dinas perkebunan sedang mengprogram kan rehabilitas dan peremajaan  serta bibit untuk 3 jenis di antara nya , Teh , Cengkeh dan Kelapa.

" Ya kami pun sedang mengerjakan pohon pohon yang sudah tua , dan mengrehab yang kira nya bisa cocok di lokasi perkebun itu, tentu nya ini program bersumber dari APBD Kab.Sukabumi tahun 2019 dan kami sebar di beberapa lokasi , untuk kelapa sendiri lokasi saat ini paling dominan adalah di
komoditas kelapa Kec. Ciemas, Ciracap, Surade, jampang kulon, kalibunder dan Tegalbuleud, di wilayah tersebut bisa di sebut kan lokasi paling banyak di tanam pohon kelapa/komoditas Kelapa" paparnya

"Kami berharap kedepan nya selain pohon kelapa yang sangat membantu ekonomi rakyat juga yang lain nya akan menjadi produk utama di bidang perkebunan ini, demi menjadi kan Sukabumi lebih baik , dan kaya akan hasil Tani dan perkebunan yang masyrakat kelola sendiri," pungkas nya.   (Yopi)