Peduli Bencana Banjir, Pupuk Kujang Salurkan Bantuan
-->

Advertisement


Peduli Bencana Banjir, Pupuk Kujang Salurkan Bantuan

REDAKSI
04 Januari 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR

Meluapnya sungai Cidurian menyebabkan banjir bandang yang merendam lebih dari 8 desa dengan ketinggian mencapai 2,5 Meter.

Kerugian material dialami sekitar ratusan rumah dari total 194 KK warga terdampak di desa Kalong Sawah, Jasinga. Terdapat juga 10 rumah mengalami rusak parah akibat tertimbun lumpur dan longsor serta 1 rumah hanyut rata (hilang), kemudian 3 titik akses jalan terputus. Sementara itu korban jiwa masih tercatat 1 orang akibat terbawa aliran air yang deras. Peristiwa tersebut tentunya membawa dampak bagi para korban, berbagai pihak tergerak untuk memberikan bantuan, tidak terkecuali PT. Pupuk Kujang yang segera tanggap turut menyalurkan bantuan secara langsung ke lokasi bencana.


Bekerjasama dengan organisasi relawan yang tergabung dalam KPN (Komite Penggerak Nawacita). BUMN Nasional, PT. Pupuk Kujang Persero tercatat mengirimkan dua armada bantuan yang mengangkut Terpal, Mie Instan, Air Mineral, Susu, Snack, dan Beras guna disalurkan kepada warga yang terdampak bencana dilokasi pengungsian. Sedangkan di posko lain, tepatnya di Kp Janglapa, Rt 02/01 desa Bojong, Kec Tenjo dari 96 KK rata-rata rumah warga hampir seluruhnya terkena dampak kerusakan akibat tertimbun lumpur. Lahan pertanian warga rusak total, sedangkan korban jiwa masih belum ada, namun terdata dari 23 warga lansia dan 61 anak-anak di lokasi penampungan sementara banyak yang menderita sakit.

“Kami selaku anak muda ikut merasakan kesedihan atas bencana ini, apalagi korban bencana yang sudah di evakuasi ke kantor desa ini pastinya butuh banyak kebutuhan untuk bertahan sehari hari. Jadi kami sebisa mungkin ikut membantu dalam mendistribusikan bantuan kepada sejumlah pengungsi yang berada di Posko bencana alam,” ujar Hedi Kurniawan, salah satu pengurus KAPT Bogor Raya yang merupakan salah satu organ yang tergabung dalam KPN saat ditemui awak media selepas memberikan bantuan di Desa Bojong, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bantuan dari Pupuk Kujang telah disalurkan ke sejumlah posko bencana seperti
Kp Keusal Desa Wirajaya, Kec Jasinga, Kab Bogor dan Kp Janglapa Rt 02/01 Desa Bojong, Kec Tenjo, Kab Bogor. "Saat ini kebutuhan mendesak yang dibutuhkan para korban masih berupa bahan makanan, obat - obatan, air bersih dan peralatan memasak", ujar Siti Nuraeni koordinator posko KPN diwilayah Kp Kembang Kuning RT 06/04, Desa Jugalajaya, Kec Jasinga. "Saya mewakili warga mengucapkan terimakasih kepada Pupuk Kujang dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menanggulangi kebutuhan para pengungsi" lanjut Siti.

Sementara itu, M. Januar Firmansyah selaku Koordinator Bantuan Bencana Nasional KPN berharap partisipasi semua pihak untuk meringankan penderitaan warga terdampak bencana, terutama dilokasi yang sulit terjangkau dan belum tersentuh bantuan. (Yus)