STPI selenggarakan acara gerakan bersama menuju eliminasi TBC di indonesia tahun 2030
-->

Advertisement


STPI selenggarakan acara gerakan bersama menuju eliminasi TBC di indonesia tahun 2030

REDAKSI
30 January 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama dengan Stop TB Partnership Indonesia (STPI) selenggarakan acara "Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC di Indonesia Tahun 2030" di Cimahi Techno Park Jln Baros No. 78 Kota Cimahi Jawa Barat, Rabu (29/1).
Isu strategis yang menjadi agenda dalam kegiatan tersebut diantaranya: mendorong penetapan TBC sebagai prioritas pembangunan kesehatan nasional, harmonisasi kegiatan sumber daya para pemangku kepentingan dalam mencapai Eliminasi TBC 2030 di Indonesia Serta mengajak seluruh lapisan masyarakat proaktif dalam upaya mengakhiri TBC ditingkat daerah.

Acara yang di-ikuti oleh 34 Gubernur serta 120 Walikota dan Bupati se-Indonesia tersebut dibuka oleh Presiden RI, H. Joko Widodo.

Presiden menyampaikan, Saat ini Indonesia menempati Urutan ke 3 penderita Tubercolosis terbanyak setelah India dan China, untuk itu Pemerintah menargetkan Eliminasi TBC di Tahun 2030 menuju indonesia bebas TBC di Tahun 2050 mendatang. "Agar penanggulangan TBC sebagai Prioritas Pembangunan Kesehatan nasional bisa terwujud, diperlukan harmonisasi Kegiatan dan penguatan komitmen dengan Pemerintah Daerah beserta seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mengakhiri TBC." Tegasnya.
Selepas kegiatan Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono yang hadir dalam kegiatan tersebut menerangkan betapa pentingnya kesehatan termasuk pencegahan penyakit tuberkulosa, untuk itu Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terus Berupaya dalam meningkatkan taraf Kesehatan masyarakat. "Jadi intinya kita akan terus melakukan pemantauan, mencari dan menemukan warga yang terkena TBC dan tentu untuk diobati mudah-mudahan dengan cara tersebut masyarakat kita bebas dari tuberkulosa secara keseluruhan dan Sehat Semuanya" ujarnya. (Yopi)