HIJAUKAN BUMI KEMBALI DI KAWASAN KABUPATEN BOGOR
-->

Advertisement


HIJAUKAN BUMI KEMBALI DI KAWASAN KABUPATEN BOGOR

REDAKSI
14 Maret 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR

Sejak terjadinya Kemarau Panjang yang terjadi di Wilayah Kabupaten Bogor pada Waktu yang lalu ,Ketua DPC PWRI Rahmad salamat SH. Mkn. dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cariu Muhammad kadir SPDi bergerak untuk melakukan sebuah Inofasi,  fungsi Gunung sudah mulai berubah dari fungsi sebelumnya , yang seharusnya menjadi serapan air dan sebagai Pertumbuhan Ekosistem.

Adanya Perubahan tersebut Ketua PWRI Kabupaten Bogor dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cariu sepakat untuk mengembalikan fungsi gunung dan kembali menjaga kelestarian alam yang saat ini sudah mulai rusak oleh adanya Penebang Pohon secara liar, 
Ketua Karang Taruna Kecamatan Cariu di temui oleh team Awak Media di Kesempatan acara di Gedung Tegar Beriman mengatakan secara Teknis Karang Tanuna Cariu sudah mempersiapkan Lokasi Wilayah yang akan di Tanami Sepuluh ribu Pohon .

Untuk Pelaksanaan Penanaman Sepuluh Ribu Pohon ini Kami sudah berkodinasi dengan Pihak Perhutani berdasarkan Wilayah yaitu,  di Wilayah Desa Cikutamahi Kecamatan Cariu ,yang mana sekarang ini kita melihat Jumlah Kawasan seperti di Tonjong dan Pegunungan Sangga Buana itu rasanya sekarang ini sudah harus diadakan Penanaman kembali di mana Lahan tersebut sudah mulai Gundul ,dan tentunya Kita perlu mengembalikan fungsi Gunung sebagamana mestinya, yaitu mencegah terjadinya bencana Longsor atau bencana lainya .

Contohnya seperti kemaren ini Waktu Kemarau Panjang sehingga debet air Ciomas mengecil,  maka dari situlah kita perlu melakukan langkah antisipasi dengan Penanaman Pohon kembali, adapun luas Wilayah yang akan kita lakukan penanaman ini tidak bisa di tentukan mengingat luasnya area Pegunungan Sangga Buana, sementara  pihak Perhutani sangat mendukung adanya rencana Penanaman Pohon ini. 

Selain Perhutani Kami juga melibatkan Muspika setempat baik dari Kecamatan,  Polsek dan Koramil.
Ditempat yang sama Ketua DPC PWRI Kabupaten Bogor Rahmad salamat SH. Mkn. mengatakan ada satu juta Pohon yang akan Kami rencanakan untuk Penanaman ini di seluruh Wilayah Kabupaten bogor khususnya Wilayah yang Rawan Longsor seperti Wilayah Bogor Barat dan Bogor Timur.

Untuk tahap awal kami akan menanam sepuluh ribu pohon di Wilayah Cariu yang Insya Allah akan di lepas oleh Ibu Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin Munawaroh dan langsung di bawa ke Cariu,tahap selanjutnya kami juga sudah mempersiapkan untuk Wilayah Bogor Barat, kegiatan ini kami mulai Tanggal 27 Maret hingga 24 Maret 2020 dengan senyum Khasnya Rahmad salamt SH. Mkn menyampaikanya. 

(  Herman Kotto )