Penggalian kabel serat Optik tidak mengindahkan aturan kementrian sehingga merusak pipa air PDAM TJM
-->

Advertisement


Penggalian kabel serat Optik tidak mengindahkan aturan kementrian sehingga merusak pipa air PDAM TJM

REDAKSI
21 Maret 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Penggalian kabel serat optik di cibadak menimbulkan masalah, pasalnya selain batu besar bekas galian berserakan, bahkan ada sebagian galian yang kedalamnya hanya sedalam telunjuk jari, ditambah lagi saluran pipa air milik Perumda PDAM Tirta Jaya Mandiri jebol terkena hantaman alat penggali tanah.


Bocornya pipa air milik PDAM Tirta Jaya Mandiri imbas dari penggalian kabel serat optik warna hitam terjadi di jalan Siliwangi dekat jembatan Leuwigoong kelurahan cibadak, kecamatan cibadak kabupaten sukabumi pada hari selasa, (17/03/20), akibat dari bocornya pipa mengakibatkan semburan air yang deras hingga meluber ke jalan raya. Sontak kejadian ini pun mengundang perhatian para pengendara kendaraan ditambah lagi air yang bocor dan batu berserakan menambah kemacetan di jalan raya.

Menurut salah satu masyarakat yang menyaksikan kejadian bocornya pipa PDAM Tirta Jaya Mandiri akibat dari penggalian kabel serat optik warna hitam.
"Banyak penggalian kabel serat optik yang tidak sesuai dengan aturan yang tertuang di Peraturan Menteri Pekerjaan Umum
Nomor 20/PRT/M/2010
Tentang Pedoman Pemanfaatan Dan Penggunaan Bagian-Bagian Jalan, disana tertera bahwa penggalian yang memanfaatkan bagian jalan tidak boleh mengganggu pandangan dan kenyamanan para pengguna jalan, ditambah lagi jarak yang berada di atas atau di bawah tanah ditempatkan di luar bahu jalan atau trotoar dengan jarak paling sedikit 1 (satu) meter dari tepi luar bahu jalan atau trotoar, Bangunan dan jaringan utilitas di bawah tanah harus diletakkan pada kedalaman paling sedikit 1,5 (satu koma lima) meter dari permukaan jalan terendah pada daerah galian atau dari tanah dasar pada daerah timbunan, tapi yang terjadi di lapangan jauh berbeda" pungkasnya.

Jelang beberapa saat pihak bagian teknis lapangan Perumda PDAM Tirta Jaya Mandiri datang untuk membetulkan pipa air yang rusak , diharapkan pihak terkait dan bagian pengawasan lapangan serta mandor lapangan bisa bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditentukan, dan sampai diterbitkannya berita ini belum ada jawaban secara resmi dari pihak provider perusahaan yang memenangkan tender ini kepada rekan-rekan media. (Anwar satibi)