Kepala desa serta perangkat desa Ambulu Kabupaten Cirebon Sepakat 50 persen gaji di potong untuk penanganan bansos Covid 19
-->

Advertisement


Kepala desa serta perangkat desa Ambulu Kabupaten Cirebon Sepakat 50 persen gaji di potong untuk penanganan bansos Covid 19

REDAKSI
28 April 2020

LKI-CHANNEL , CIREBON

Perangkat desa ambulu kabupaten cirebon relakan gajinya dipotong 50 % untuk penanganan covid-19, potongan gaji tersebut akan dialokasikan untuk bantuan sosialisasi bagi warganya yang terdampak wabah covid-19.


Sunaji kuwu( kepala desa) Ambulu mengatakan pihaknya sudah mengumpulkan dana senilai Rp.15.000.000 hasil dari pemotongan gaji perangkat desa dan kuwu (kepala desa) untuk menangani covid-19, rencana dana tersebut akan disumbangkan kepada warga yang tidak mampu dan terdampak wabah virus corona didesa ambulu kabupaten cirebon.
" bukan hanya perangkat desa saja gajinya yang dipotong tetapi saya sebagai kuwu/ kades juga sama gajinya dipotong 50% untuk di bulan april ini" ujar sunaji kuwu ( kepala desa) ambulu kabupaten cirebon.(28/4/2020).

Menurutnya jika mengandalkan anggaran desa maka tidak akan bisa mencukupi untuk memberikan bantuan sosial penanganan covid-19, sehingga pihaknya bisa membantu melalui dengan cara pemotongan gaji perangkat desa dan kuwu ( kepala desa) Ambulu kabupaten cirebon
Untuk waktu dan kesempatan ini.

Sunaji juga menyampaikan pemotongan gaji perangkat desa bukan untuk kali ini saja, sebelumnya juga pernah melakukan pemotongan gaji antara 5% sampai 10% terhadap gaji perangkat desa dan kuwu (Kepala desa) untuk disumbangkan kepada warga yang tidak mampu.
Dengan adanya pemotongan gaji tersebut sunaji sebagai kuwu (kepala desa) memastikan bahwa tidak akan ada satupun  perangkat desa yang merasa keberatan dan melakukan protes.

Pihaknya akan mengalokasikan dana desa untuk penanganan covid-19 sebanyak 30% sesuai dengan aturan dari mentri desa dan PDT.
" kita bekerja dari rakyat dan untuk rakyat, masa gaji dipotong untuk warga tidak mau..?  Tetapi alhamdulillah semua perangkat desa tidak ada yang keberatan dan tidak ada yang protes" ujar sunaji sebagai kuwu (Kepala desa) Ambulu kabupaten Cirebon.

Perangkat desa pun merasa senang dan ikhlas karena mereka merasa senang bisa membantu warganya yang tidak mampu, walau dengan hati rela gajinya dipotong untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
" masyarakat kan tanggung jawabnya kuwu ( kepala desa) dan perangkat desa. Jadi kita wajib untuk memberikan uluran tangan untuk warga yang membutuhkan bantuan" tutur salah satu perangkat desa. (28/4/2020)

(Rahmat)