Pengertian dan penjelasan ilmiah terkait covid-19 oleh dr.moh.indro cahyono ( ahli virus )
-->

Advertisement


Pengertian dan penjelasan ilmiah terkait covid-19 oleh dr.moh.indro cahyono ( ahli virus )

REDAKSI
28 May 2020

LKI-CHANNEL , JAKARTA

Dr.moh.indro cahyono sebagai ahli virus memberikan penjelasan dan pengertian tentang terkait covid-19 yang selama ini telah bumi dibeberapa negara termasuk di indonesia. Ada beberapa hal yang penjelasan dari Dr.moh. indro cahyono ( ahli virus) sebagai berikut


1. Virus ( termasuk covid-19) adalah benda mati yang dapat hidup di medan hidup. Virus tidak bisa hidup menempel, apalagi memproduksi markas virusnya dibenda mati. Namun ada catatannya kalau misalnya ada orang yang sudah terinfeksi mengeluarkan droplet (cairan flu/ luda) lalu terkena baju, kain dan meja maka virus tetap hidup selama droplet belum mengering. Kalau dicuci atau setidaknya mengering sendiri karena pengaruh lingkungan misalnya karena panas ( cahaya matahari)atau terkena hembusan angin maka virus akan mati dengan sendirinya, begitu pun di meja,kursi,lantai, karpet dan sejenisnya kalau sudah mengering virusnya akan mati.

2.Virus tidak bisa hidup di udara, dia hanya jadi butir butir kristal saja. Semua jenis virus, mau virus flu, TB, paru paru dll. Walaupun tangan termasuk bagian hidung, tetapi selama droplet kering, dibersihkan maka virus akan mati dengan sendirinya. Karena virus hanya bisa masuk lewat tiga jalur yakni mata, hidung dan mulut. Maka jika selesai berjabatan tangan dengan orang lain di anjurkan membasuh dengan antis,sabun, air panas dan cairan asam / cuka.

3. Virus tidak bisa hidup di air panas, air asin, cuka dan cairan asam. Maka jika sudah  terinfeksi segera konsumsi vitamin  E ( brokoli dan kelor ) dan  vitamin  C ( jeruk, mangga, tomat  dll)

4.yang terinfeksi atau di nyatakan positip berpeluang sembuh total lagi bagi mereka yang ketahanan tubuhnya kuat tidak memiliki riwayat penyakit bawaan seperti paru, TB, hipertensi,asma, kanker dan tumor.

5. Bagi anak anak muda  atau yang ketahanan tubuhnya kuat yang sudah dinyatakan positip. Cukup treatment ( perlakuan) mandiri di rumah karena usia produktif antibodinya 2-3 kali lipat dibandingkan dengan manula. Antibodi pada hari ke 4-5 akan keluar untuk menyerang virus. untuk menekan rasa stress bagi yang sudah positif Cukup mengkonsumsi vitamin dan antibiotik. Jangan ke Rumah sakit yang sudah ditentukan karena itu diperuntukkan bagi mereka yang produksi antibodinya rendah.

6.Jangan stres dan panik karena jika stres dan panik maka antibodinya akan lambat berproduksi dengan itulah kita mudah terserang, apalagi stres itu hanya membuat psikosomatik ( kondisi jiwa yang tersugesti) lalu membuat tubuh kita lemah.

7. Virus yang dikatakan bertahan hidup ditempat basah lebih dari 9 jam itu  hoax. Sekali lagi virus tidak bisa hidup di benda benda mati, jika dicurigai ada droplet maka cukup dengan dibersihkan saja.

8. Pasien yang terinfeksi berpeluang sembuh seperti orang yang terkena flu, karena sifat positif itu sementara.

9. Mantan pasien positip atau yang sudah sembuh berpeluang kecil untuk terinfeksi kembali. Asumsinya di dalam tubuh kita ini ada yang namanya sel memory, jika dia terinfeksi kembali maka  masa inkubasinya tidak selama waktu awal terinfeksi, hanya 24 jam ( satu hari) karena sel memorinya akan menampilkan data bahwa orang ini pernah terinfeksi, sehingga sehari kena besok atau paling lambat dua hari sudah sembuh lagi.

Yang paling terpenting dengan adanya covid-19 semua orang jadi sadar hidup sehat.
" tumbuhkanlah rasa optimisme dan pengetahuan tentang virus, jangan buat asumsi salah membuat kepanikan pada diri sendiri atau untuk orang lain" pesan dari Dr.moh. indro cahyono ( 29/5/2020)

(Rahmat)