Paguyuban maung bodas siliwangi gelar acara napakeun murang kali
-->

Advertisement


Paguyuban maung bodas siliwangi gelar acara napakeun murang kali

REDAKSI
21 Juni 2020

LKI-CHANNEL , CIANJUR

Paguyuban maung bodas siliwangi mengadakan acara napakeun murang kali penyelenggaraan acara dipadepokan maung bodas siliwangi (MBS), bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan seni bela diri  budaya pasundan yang Merupakan salah satu wujud ke aripan seni budaya lokal dan menyelamatkan seni budaya tradisi pasundan.


Acara napakeun murang kali dimulai dari jam 8:00 sampai dengan selesai, acara tersebut  di pimpin langsung oleh ketua umum yaitu H. Iman nurjaman idris disamping menjadi ketua paguyuban maung bodas  beliau juga menjabat menjadi kepala desa didesa sukamulya kecamatan warung kondang kabupaten cianjur jawabarat.

Dalam sambutan nya iman menyampaikan , tujuan kami menyelenggarakan acara ini semata mata untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya bela diri tradisi orang pasundan, agar seni budaya ini jangan sampai punah Kita sebagai orang anak cucu dari anak pasundan wajib untuk mengembangkan, melestarikan seni budaya dari nenek moyang kita" ujar H. Iman nurjaman idris sebagai ketua umum.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh berbagai paguron di wilayah cianjur, setiap perwakilan paguron tampil untuk mempertunjukkan  keahlian masing masing paguron.
" seni budaya bela diri tradisi leluhur pasundan harus tetap kita jaga kelestariannya, disamping itu juga bermanfaat untuk membekali mereka agar bisa menjaga diri dari gangguan  orang orang jahat" tutur H.iman nurjaman idris
Dari semua perwakilan paguron tampil untuk mempertunjukkan ketangkasan seni beladiri dan juga mengadakan atraksi di arena yang telah di sediakan oleh paguyuban maung bodas siliwangi sebagai tuan rumah.

Masyarakat setempat merasa senang karena anak anak mereka didik dan dilatih, disamping itu juga di paguyuban tersebut setiap seminggu sekali mengadakan acara dzikir dan tawasul bertujuan sebagai pondasi ke imanan serta ketaqwaan kepada allah swt.
"Dengan adanya paguyuban maung bodas siliwangi ini, kami sebagai masyarakat merasa sangat senang. Karena dengan adanya paguyuban ini anak anak kami mendapatkan kan ilmu bela diri dan lebih mendekatkan diri kepada allah swt" ujar pa samin 48 tahun salah satu warga sekitar.
Paguyuban maung bodas siliwangi mempertahankan dan melestarikan  seni budaya dari leluhur tanah pasundan (20/6/2020)

(Iwan)