Peresmian Sumur Bor Air Tanah Oleh Kementerian ESDM Di Perum Pasir Sembung Desa Sirnagalih  
-->

Advertisement


Peresmian Sumur Bor Air Tanah Oleh Kementerian ESDM Di Perum Pasir Sembung Desa Sirnagalih  

REDAKSI
08 August 2020

LKI-CHANNEL , CIANJUR

Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, DPR RI H. Edy Soeparno
bersama-sama dengan Staf Ahli Bupati Humas Bidang Kemasyarakatan Kabupaten Cianjur pada hari Jumat, tanggal 07 Agustus 2020 melakukan peresmian sumur bor air bersih yang dibangun oleh Badan Geologi, Kementerian ESDM pada tahun 2020 di 30 titik wilayah Kabupaten Cianjur Selatan.


Peresmian sumur bor dipusatkan di lokasi sumur bor Perum Pasir Sembung Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat di Kementerian ESDM, pejabat dari dinas ESDM Provinsi Jawa Barat DPR RI H. Edy Soeparno Wakapolres Cianjur, Perwakilan dan Humas Bupati Plt H. Herman Suherman Kades Sirnagalih H. Gumilar Ketua dan Anggota Karang Taruna Perum Pasir Sembung serta masyarakat Desa Sirnagalih
Staf Ahli Bupati Kabupaten Cianjur dan DPR RI H. Edy Soeparno saat membacakan sambutan pada peresmian sumur bor di Desa Sirnagalih Jumat 07 Agustus 2020.

Saat membacakan sambutan mengatakan air sebagai kebutuhan pokok menjadi barang langka di Kabupaten Cianjur bagian Cianjur Selatan di 30 titik ketika musim kemarau tiba. terdampak kekurangan air, hal itu membutuhkan solusi permanen untuk mengupayakan ketersediaan air bersih. Bantuan sumur bor dari Kementerian ESDM bagi masyarakat Kabupaten Cianjur memberikan manfaat luar biasa bagi masyarakat. Pemkab Cianjur sangat berterima kasih dan berharap ada program berkelanjutan untuk mengatasi kekurangan air tersebut.

Peresmian ini menandakan bahwa sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2020, dapat secara penuh digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian ESDM bekerjasama dengan pemerintah daerah telah memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pengentasan daerah sulit air melalui program pengeboran air tanah dalam. Hal ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi masyarakat di wilayah Jawa Barat yang beberapa daerah di wilayah ini masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alamnya.
Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral DPR RI H. Edy Soeparno menyampaikan sambutan pada peresmian sumur bor di Perum Pasir Sembung Desa Sirnagalih Jumat  07 Agustus 2020.

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, DPR RI H. Edy Sieparno menyampaikan bahwa program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah dalam di Kementerian ESDM sudah dimulai sejak awal  sumur bor telah dibangun dengan kapasitas debit air bersih untuk melayani masyarakat daerah sulit air bersih yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Secara keseluruhan, sumur bor yang dibangun di Kab. Cianjur Sumur-sumur bor tersebut memiliki spesifikasi teknis yaitu kedalaman sumur antara 73-125 m, debit air 1,6 – 2 liter/detik, dengan konstruksi pipa besi galvanis diamater 6 inchi. Pasokan listrik sumur bor berasal dari genset dengan kapasitas 10 – 15 kVA, menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK, dan dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa, dan bak penampungan air berkapasitas 5.000 liter. Setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.600 jiwa penduduk.

Pengguntingan pita oleh DPR RI H. Edy Soeparno sebagai tanda peresmian penyerahan bantuan sumur bor untuk warga Perum Pasir Sembung Desa Sirnagalih
Seiring dengan keberhasilan program dalam mengentaskan permasalahan air bersih di daerah sulit air, Kementerian ESDM terus berupaya menambah anggaran program ini agar lebih banyak menjangkau masyarakat di daerah sulit air. Hal ini dikarenakan jumlah daerah sulit air bersih di Indonesia masih cukup banyak, yang ditandai dengan masih banyaknya permintaan bantuan sumur bor air tanah dalam dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pada tahun anggaran 2019 Kementerian ESDM sudah membangun sumur bor sebanyak 506 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan target sumur bor pada tahun 2018. Sementara pada tahun anggaran 2020 ini, target jumlah unit sumur bor yang akan dibangun oleh Kementerian ESDM ditingkatkan kembali menjadi 650 unit.
Peresmian penyerahan bantuan sumur bor untuk warga Perum Pasir Sembung, Desa Sirnagalih.

Sementara itu, Kades Sirnagalih H. Gumilar menyatakan terima kasih kepada pemerintah melalui Kementerian ESDM yang telah memberikan bantuan sumur bor di Pasir Sembung Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur kegiatan pipanisasi air bersih untuk warga Pasir Sembung Rencananya air dari sumur bor ini akan disalurkan ke wilayah Rw. 11

(Iwan )