Demo Warga Ciletuh hilir terhadap Proyek MNC Land Lido Bogor.
-->

Advertisement


Demo Warga Ciletuh hilir terhadap Proyek MNC Land Lido Bogor.

LKI CHANNEL
01 Oktober 2020



 LKI CHANNEL SUKABUMI;

Lido Bogor Lido resort di datangi pendemo dari berbagai kalangan ,yaitu warga  ciletuh Hilir ,Desa Wates Jaya ,Kecamatan Cigombong,Kabupaten Bogor jawa barat Kamis. 01/10/2020


mahasiswa dan BJI (bang japar indonesia) dengan memakai topeng dan poster Donald Trump dan Harry Tanoe mereka  Ternyata bukan dukungan kepada dua tokoh tersohor yang Memprakarsai Lido Resort lewat proyek MNC Land, melainkan cacian dan makian dalam sebuah demonstrasi yang nyaris berujung ricuh.



Mereka tidak terima karena pihak MNC Land  dengan proyek Lido Resortnya mulai menggusur Makam Kramat Warga Ciletuh. Warga juga tidak rela Kampung Ciletuh Hilir diakuisi MNC Land dalam perluasan proyek Lido Resort.

Demonstrasi dilakukan sekitar 350 orang  warga Kampung Ciletuh Hilir di gerbang masuk Lido Resort MNC Land, persis di pinggir jalan Bogor-Sukabumi

“Lawan… lawan… lawan MNC, lawan MNC sekarang juga,” teriak pendemo dalam nyanyian memprotes langkah MNC Land yang mereka tuduh sudah mulai menggusur makam kramat leluhur mereka yang sudah ada sejak penjajahan Belanda tahun 1834.



Demonstrasi mendapat penjagaan ketat dari aparat kepolisian  sebanyak 80 personel  di siagakan di TKP.

warga Ciletuh yang tergabung dalam Forum Rakyat Ciletuh didukung mahasiswa PMII (Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia) dan Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara) Presidium Jawa Barat.

Sambil melakukan aksi teatrikal membawa cangkul dan keranda mayat ."Alhamdulillah aksi  berjalan lancar dan terkendali walaupun tadi sempat ada sedikit gesekan saat warga akan masuk lewat jalur utama lido resort untuk pulang ke rumahnya masing-masing ,wargapun mengalah dan memilih jalur lain ." ungkap Ketua Rw ciletuh hilir Djajang Mulyana kepada wartawan lki.

Di samping mengenai masalah makam keramat yang digusur, warga juga memprotes lahan garapan warga yang dimusnahkan tanpa ada musyawarah sebelumnya dan tidak ada kompromi . "Memang betul itu tanah sudah jadi milik MNC Land, tetapi tanaman di lahan yang sempat terlantar sudah ditanami warga dan tinggal sebulan tunggu panen. Tetapi digusur begitu saja. Kenapa bertindak sewenang-wenang, di mana nilai-nilai kemanusiaan yang kalian gembar-gemborkan,” teriak Budhy Lesmana alias Budhy Gondrong, Ketua Bang Japar Presidium Jawa Barat dalam orasi di atas mobil yang penuh berisi pengeras suara menggelegar.

(Ferdy)