Dinas Perikanan Dan Perternak Tebar Benih Ikan di Setu Kemuning
-->

Advertisement


Dinas Perikanan Dan Perternak Tebar Benih Ikan di Setu Kemuning

LKI CHANNEL
02 Oktober 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR

Dinas perikanan dan peternakan Kabupaten Bogor melakukan kegiatan restocking menebar benih ikan di Setu Kemuning, jalan raya Tonjong Sudimampir Desa Cimanggis kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Jawa Barat Rabu, (30/09/2020).

Dengan menggunakan perahu bebek, Wawan Wahyono Sekretaris Dinas (Sekdis), Rohman Kepala Bidang (Kabid), Dache Camat Bojong gede, dan Azis Anwar Kepala desa Cimanggis, menebarkan benih beberapa jenis ikan di Setu yang juga merupakan objek wisata dan di kawasan tersebut terdapat Taman Cinta dan Rumah Pintar.

Dalam sambutannya, Wawan Wahyono menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan tebar bibit di Setu Kemuning yang berada persis di pinggir Jalan Raya Tonjong yang lalu lintasnya cukup padat dan strategis menghubungkan wilayah Bojonggede dengan kawasan Jalan Raya Parung.

“Bapak/ibu sekalian pada hari ini kita akan mengadakan re-stocking bibit ikan, bibit ikan yang ada disini adalah bibit ikan tawes dan bibit ikan nila berjumlah sekitar 12500 ekor.” ujar Wawan Wahyono.

Di tempat yang sama Rohman Kepala Bidang Produksi Perikanan, juga menyampaikan sambutan singkatnya, “tujuan dari kegiatan ini adalah merawat dan melestarikan danau beserta isinya, bahwa kegiatan restocking ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan target tahun ini adalah sebanyak 15 Setu dari 91 setu yang ada di wilayah Kabupaten Bogor, sedangkan sumber benih ikan ini adalah dari instalasi milik dinas yaitu UPT. Balai Benih Ikan (BBI), adapun bibit ikan yang kita tebar adalah bibit ikan jenis tawes dan ikan nila, yang mana ikan tawes sendiri adalah ikan khas Kabupaten Bogor, ” jelas Rohman.

Camat Bojonggede, Dache Hatomi pada kesempatan tersebut menyampaikan saran kepada jajaran Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor.

“Sedikit ada saran dari saya mungkin kita bisa buat keramba atau jaring untuk perkembangan ikan di setu kemuning ini agar lebih produktif dan maksimal untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, ” ujar Dache.

Terakhir, Kepala Desa Cimanggis, Aziz Anwar juga turut menambahkan kalau dirinya amat membutuhkan jaring apung atau rumah apung, yang mana akan jadi tempat budidaya ikan di desa Cimanggis.

“Jadi, perekonomian Desa Cimanggis dapat kita putar melalu program ini, saya optimis budidaya perikanan ini akan mampu mendorong perkembangan ekonomi warga, karena selain nilai ekonomis dari hasil budidaya ikan, kawasan ini juga bisa menjadi objek wisata andalan yang akan menambah geliat ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah Desa Cimanggis dan wilayah lain di Kecamatan Bojonggede ini, “pungkas Azis. 

(Yus)