Kodam III/Siliwangi Melakukan Giat Pemeliharaan Setu di Kabupaten Bogor
-->

Advertisement


Kodam III/Siliwangi Melakukan Giat Pemeliharaan Setu di Kabupaten Bogor

LKI CHANNEL
03 Oktober 2020


LKI CHANNEL - BOGOR;

Upaya pelestarian kawasan ekosistem setu atau danau sebagai salah satu ekosistem yang harus dijaga, Kodam III/Siliwangi melakukan giat  pemeliharaan Setu/Danau di Setu Cilala Kemang dan Setu Iwul di wilayah Kabupaten Bogor pada Jum'at (02/10/2020). 

Asisten Perencanaan  Kodam III/Siliwangi Kolonel Inf. Agus Muchlis Latif dalam rangka kunjungan kerja pengecekan normalisasi Setu Cilala dan Setu Iwul yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.


"Pelestarian Setu atau Danau sebagai kegiatan pengabdian kepada negeri, untuk membudayakan dan menghidupkan kembali setu yang ada di negeri ini terutama setu atau Danau yang ada di kabupaten bogor yang keberadaannya sudah kurang baik dan banyak pendangkalan," ujarnya.


"Gagasan Kodam III Siliwangi ini dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk Setu atau Danau dapat difungsikan dan dinormalkan kembali, agar dapat difungsikan sesuai fungsinya, sehingga masyarakat dapat menikmati manfaatnya", tambah Kolonel Inf. Agus Muchlis Latif.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Mayor Inf Afiid (Pabandya Anev dan Dalprog Dam III/Siliwangi), Lettu Inf Adnan Pasi Intel mewakili Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Kapten Inf Iwan Wardana (Danramil 2111 Parung) berserta 5 orang anggota, Kapten inf. Tatang Taryono (Danramil 2115) Kemang, M.Ibrahim PSDA (Pengelohan Sumber Data Air) Kabupaten Bogor, H. Agus Setiawan Staf Pelaksana Normalisasi. 

Dipaparkannya, selain fungsinya sebagai sumber air yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat, juga dapat menjadi sumber penghidupan masyarakat.

"Saat musim kemarau air di Setu dapat dimanfaatkannya, dan disaat musim penghujan setu atau danau dapat menampung debit air sehingga mengurangi dampak banjir,"


(We'i/Adi/Hasan)