PEMBENTUKAN KOPERASI MASYARAKAT MUDA STRATEGIS DAN WARUNG SAMPAH
-->

Advertisement


PEMBENTUKAN KOPERASI MASYARAKAT MUDA STRATEGIS DAN WARUNG SAMPAH

LKI CHANNEL
20 November 2020

LKI-CHANNEL , BANDUNG

Peninjauan lahan program pertanian di kp. Rancabeurem desa sukamulya adalah bentuk unit usaha di bidang pertanian dibawah binaan koperasi masyarakat muda strategis warung sampah (kmms) dengan system pembayaran menggunakan hasil panen diantaranya bisa dalam bentuk gabah kering atau beras sesuai besaran pinjaman yang di pinjam oleh kelompok tani hilir mekar mandiri.

Saat melakukan Kunjungan rumah kreatif mang pandi alamat kp. Babakan asta di rt 02/11 yang adalah mitra binaan UMKM dari unit daur ulang sampah dibawah binaan KMMS merupakan bentuk yang perlu diapresiasi oleh beberapa pihak karena memiliki program unggulan dimana di rumah kreatif ini hanya terfokus kepada pengolahan limbah pampers yang selama ini sulit diuraikan.

Di bawah tangan dingin mang pandi sapaan akrab nya limbah pampers bekas air kencing ini diolah menjadi berbagai macam produk pohon bongsai, meja, pot dan lain lain ,Dalam kunjungannya Dedi ruslan dan Agus setiawan sebagai Pembina umkm amp sangat menagapresiasi bentuk dari karya dan konsep yang ada dalam koperasi sampah tersebut.

Warung sampah merupakan bentuk unit usaha yang dimiliki oleh koperasi masyarkat muda strategis dalam bentuk warung sampah atau warung sembako yang sistem pembayarannya tidak menggunakan uang tetapi menggunakan sampah atau rongsok antara lain aki,dus,plastic dll yang hasilnya memilki nilai profit dan diolah juga menjadi barang2 tepat guna ada yang dibentuk menjadi sapu meja dan sebagainya.

Disela2 kunjungannya Pembina AMP masih menyempatkan diri untuk berfoto di taman jodoh dengan pemandangan pesawahan, taman ini merupakan bentuk dari hasil karya rumah kreatif pandi sebagai bentuk apresiasi juga untuk meberikan edukasi wisata mini.

KOPERASI MASAYARAKAT MUDA STRATEGIS DAN WARUNG SAMPAH UNIT 2

Alamat : kp. Babakan asta RT02/11 desa rancaekek kulon kec. Rancaekek

Inilah daftar nama para pengurus KMMS

Penanggung jawab

- Ketua : engkus carlina wandi (kang Ncuz)

- Wakil Ketua : Pandi Mulyana (mang Fundie)

- Sekretaris : Syarief Hidayatullah

- Bendahara : denty oktavia

Tujuan dibentuknya adalah untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan memberikan reward kepada masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dalam bidang koperasi sebagai bentuk atau wujud social yang nyata dalam meberikan kemudahan sekaligus meberikan bantuan dalam segi ekonomi

Visi koperasi : membangun ekonomi masyarakat dalam bidang lingkungan 

Unit usaha yang dimiliki

1. Unit usaha daur ulang sampah

2. Unit usaha warung sampah

3. Unit usaha pertanian

4. Unit usaha perternakan

5. Unit usaha perikanan

6. Unit usaha simpan pinjam

Motto koperasi : “ SABAR MOTAH” SAMPAH BERKAH TANPA RIBA COMOT RUNTAH JADI BERKAH”

MOTIVASI : SAMPAH ADALAH BERLIAN YANG TERCECER

(Yopi)