Desa sukamulya laksanakan bimbingan teknis relawan pendataan SDGs
-->

Advertisement


Desa sukamulya laksanakan bimbingan teknis relawan pendataan SDGs

LKI CHANNEL
22 April 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Desa Sukamulya  pada hari Rabu (21/04) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Relawan Pendataan SDGs (Sustainable Development Goals/Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Desa.


Bimtek dilakukan di Aula Balai Desa Sukamulya dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 


Hadir dalam bimtek ini adalah Kades Sukamulya Syaripudin S. Pd Pendamping Desa Haji Abdul Rojak, Kasi PPM Kecamatan Solehudin, moderator Rana Mardiana serta pemateri dari pendamping desa sukamulya Faisal Amirochman, relawan Pendataan SDGs Desa yang telah ditetapkan dalam Keputusan kepala desa sukamulya, tentang Kelompok Kerja Relawan Pendataan SDGs Desa Sukamulya.


Bimtek diawali oleh sambutan kepala desa Sukamulya, Syaripudin S. Pd dengan menyampaikan terimakasih kepada relawan yang telah hadir, karena sukses tidaknya pendataan ditentukan oleh bimtek yang diperoleh sebagai bekal relawan dalam melakukan pendataan. 


Sumber dana dari program ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB desa) Tahun 2021 Masing-masing relawan akan dibekali oleh alat kerja berupa kuisioner pendataan serta Alat Perlindungan Diri selama bertugas. Sebagai mitra, terdapat Pendamping Desa, Haji Abdul Rojak, dan Kasi PPM Kecamatan Solehudin yang akan bersinergi dengan relawan dalam bertugas.


Secara umum, Pokja Relawan pendataan SDGs Desa bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pada level Desa, level Rukun Tetangga, level keluarga, dan level warga Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai kaidah SDGs Desa, kemudian merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.


Acara dilanjutkan dengan bimtek yang diisi oleh  Faisal Amirochman pemateri dari Pendamping Desa yang menyampaikan bahwa Desa Sukamulya merupakan yang pertama melakukan bimtek di wilayah Kecamatan Karang tengah.


Relawan dibekakli oleh Aplikasi SDGs Desa yang dapat diakses menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya Peserta bimtek mengoperasikan aplikasi tersebut didampingi langsung oleh Pendamping Desa dan Admin Desa.


Adapun poin yang didata dalam aplikasi tersebut berupa survey individu, survey keluarga, survey Rukun Tetangga yang diinput oleh relawan pendataan SDGs. Sedangkan Admin SDGs bertugas mengelola dashboard aplikasi SDGs Desa, memantau data dari relawan, serta melakukan survey desa.


Pendataan SDGs Desa merupakan program baru Kementerian Desa yang dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa dengan data induk bersumber dari masing-masing desa. Hasil pendataan akan memuat potensi dan kelemahan di masing-masing wilayah, sehingga dalam melakukan perencanaan desa berbasis data dapat mempertimbangkan kekurangan, potensi, serta kemajuan wilayah sehingga pembangunan Desa dapat merata.


(Iwan)