Musyawarah Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kab. Sukabumi Tahun 2021
-->

Advertisement


Musyawarah Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kab. Sukabumi Tahun 2021

LKI CHANNEL
02 June 2021

LKI-CHANNEL , Sukabumi


Musyawarah daerah (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) di gelar hari ini Rabu (02/06/2021), di ruang aula Dinas Pertanian Desa Karangpapak Kec.Cisolok.


Kegiatan Musda ini dirangkaikan dengan pelantikan dan pengukuhan ketua dan pengurus Perhiptani DPD Kab. Sukabumi tahun 2021-2025, yang dihadiri Wakil Bupati Kab. Sukabumi, Kepala Dinas Pertanian Kab. Sukabumi beserta jajaran, Ketua Perhiptani Kab. Sukabumi beserta jajaran, dan para tamu undangan. Kegiatan Musda ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Pemerintah tentang covid-19 yakni menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Panitia musyawarah daerah Perhiptani menyampaikan puji syukurnya atas terlaksananya kegiatan Musda Perhiptani ini, dan sangat berharap segenap instansi untuk ikut berperan menjadi dewan Perhiptani supaya bisa terselenggaranya kegiatan pertanian yang lebih baik lagi. Sementara itu acara kegiatan Musda Perhiptani ini undangan yang hadir sebanyak 35 orang, terdiri dari dewan-dewan kepengurusan Perhiptani yang lama dan calon dewan  kepengurusan Perhiptani yang baru tahun 2021.


Wakil Bupati Kab. Sukabumi Drs.H. Iyos Somantri M.Si., menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kepengurusan Perhiptani Kab. Sukabumi tahun 2021-2026, ucapan terima kasihnya kepada jajaran kepengurusan perhiptani yang lama sudah melaksanakan tugas dengan baik dari tahun kemarin hingga sekarang, dan Iyos meminta para kepengurusan Perhiptani tahun 2021-2026 dapat memperkuat tekadnya dalam membangun pertanian di Kab. Sukabumi.


"Kita sebagai kepengurusan Perhiptani harus melakukan kebaikan-kebaikan di sektor pertanian  salah satu contohnya dengan meningkatkan sektor pertanian, dan menjadi motivator dan fasilitator dari kelompok tani dengan mitra atau pengusaha, dan harus bisa memunculkan inspirasi untuk para kelompok tani atau warga tentang pertanian", ucapnya.


Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, Iyos berharap penyuluh pertanian mampu memahami sistem pertanian yang terintegrasi holistik dan komprehensif dengan menerapkan sistem digitalisasi di dunia usaha dengan komitmen Pemkab Sukabumi, dan dengan ini Iyos menetapkan kepengurusan Perhiptani tahun 2021-2026.


"Semoga ini dapat menjadi momentum kebangkitan penyuluh pertanian untuk berperan lebih kreatif, inovatif dan tetap bersemangat dengan menghasilkan SDM pertanian unggul, mampu mengembangkan usaha pertanian yang tangguh, bertani lebih baik, berusaha tani lebih menguntungkan, hidup sejahtera dan lingkungan lebih sehat", paparnya.


Kepala Dinas Pertanian H. Sudrajat selaku DPD Perhiptani Kab. Sukabumi menyampaikan terimakasihnya kepada Wakil Bupati Sukabumi yang sudah hadir sekaligus menetapkan kepengurusan DPD Perhiptani periode tahun 2021-2026.


"Kami berharap dengan adanya wadah kepengurusan Perhiptani ini, bisa memantapkan manajemen organisasi dengan mengedepankan akuntabilitas dan profesionalitas sehingga organisasi mampu mendorong kegiatan pertanian diwilayah Kab. Sukabumi. Meningkatkan  profesionalisme dalam menjalankan tugas pokok sebagai penyuluh dan pengurus organisasi melalui kegiatan-kegiatan pertanian", jelasnya.


Sementara itu dari Kepala DPD Perhiptani sendiri Rahmat Hadiyan S.Pti., menyampaikan visi misi program kepengurusannya selama lima tahun kedepan 2021-2026, secara umum menginginkan Perhiptani bersama Pemerintah dan masyarakat dapat mewujudkan sistem penyuluhan pertanian yang kuat. Serta menjadikan pertanian yang efisien, tangguh, berdaya saing tinggi menuju pertanian Kab. Sukabumi yang lebih maju lagi.


"Kami berharap terwujudnya Perhiptani sebagai organisasi penyuluh pertanian profesional, meningkatkan kebanggaan, semangat dan jiwa korsa penyuluh. Pembinaan pelaksanaan kode etik penyuluhan pertanian, membangun komunikasi aktif dengan pemerintah dan pemangku kepentingan untuk suksesnya penyelanggaraan penyuluhan pertanian", Pungkasnya.


(Ellah /ateu)