Nyawang Bulan Kartika Acara Rutin Rahyang Niskala Sunda
-->

Advertisement


Nyawang Bulan Kartika Acara Rutin Rahyang Niskala Sunda

LKI CHANNEL
25 July 2021

LKI Channel, Bogor


Acara Nyawang Bulan Kartika adalah kegiatan rutin setiap bulan purnama sebagai bentuk rasa syukur dapat bertemu dgn bulan Purnama,  juga tadabur alam , namun lebih di fokuskan kepada silaturahmi sesama umat  Dalam acara tersebut RAHYANG NISKALA SUNDA merangkai dan mengedukasi kegiatan tersebut dengan mengguar kalender sunda dan prabu sunda 1958 caka serta menampilkan tarian mapag poe radite yang jatuh pada naktu hari 3 aura putih dan kuning keemasan. 


Adapun acara tersebut diadakan oleh Yayasan Seni & Budaya Rahyang Niskala Sunda pada tanggal 24 Juli 2021, mulai pukul 19.45 sd 22.45 wib,  bertempat di Villa Family desa Citapen Tapos Bogor. Dalam bahasa  sunda buun na 8 Suklapaksa sasih kartika 1958 Caka Sunda  Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Eryani dari Kemenhan, bapak Helmi Sutikno yang akrab disapa Apih Helmi, Perguruan Panca Bela, H. Bustomi Ketum Kokolot Bogor, RMH Iwan Jodhie Gustiawan Ketua Pengurus Wilayah Jawa Barat PADMI, kasepuhan dari Cianjur dan para budayawan. 


Acara berlangsung hikmad saat ibu Diana Sekar Panuji M Pd selaku ketum Rahyang Niskala Sunda memimpin doa, selesai berdoa bulan pun muncul bersinar dengan terang tanpa ada awan setitik pun menyelimuti bulan. 


Semua mata tertuju pada bulan yang mana sebelum acara ritual dimulai hujan turun dan bulan pun tidak tampak malam itu. Acara dilanjutkan dengan penyerahan selendang kehormatan dan piagam penghargaan oleh ketum Rahyang Niskala Sunda kepada Ibu Eryani dari Kemenhan, RMH Iwan Jodhie Gustiiawan Ketua PW PADMI Jawa Barat dan bapak H. Bustomi Ketum Kokolot Bogor selanjutnya Apih Helmi selaku ketua Dewan Pembina & Penasehat Rahyang Niskala Sunda memberikan sambutan dan wejangan juga menutup acara Nyawang Bulan Kartika.


( Jodhie Gustiawan )