Ketua DPRD Sukabumi dan jajaran nya sidak pembangunan Derilling Tower PT. Star Energi dan PT. Indonesia Power
-->

Advertisement


Ketua DPRD Sukabumi dan jajaran nya sidak pembangunan Derilling Tower PT. Star Energi dan PT. Indonesia Power

LKI CHANNEL
18 August 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Terobosan baru dilakukan Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi,Yudha Sukmagara (YSG) bersama jajarannya.Komisi terkait meninjau langsung lokasi obyek CSR/TJSL dan Pengeboran Kelling Tower, tidak tanggung-tanggung, langkah Sidak YSG kali ini berkolaborasi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),salah satunya LSM Gapura RI pada hari Jum'at (06/08/2021).



Protes keras masyarakat Kecamatan Kabandungan yang didampingi LSM Gapura RI kepada Pemerintah Daerah dan dua perusahaan alat vital Negara ini, bukan tanpa alasan Mereka mempersoalkan Corporation Sosial Responcibility/CSR atau Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT. Star Energi Gheotermal Gunung Salak dan PT. Indonesia Power yang bertahun-tahun tidak pernah dirasakan masyarakat, baik untuk kesejahteraan maupun bina lingkungan masyarakat setempat. 


Selain itu, warga masyarakat Kecamatan Kabandungan juga mempersoalkan pembangunan Derilling Tower PT. Star Energi dan PT. Indonesia Power yang berdampak langsung terhadap lingkungan dan infrastruktur masyarakat setempat.


"Karena itu kami meminta Ketua DPRD turun ke lokasi melihat langsung untuk selanjutnya mengambil sikap atas nama wakil rakyat, masyarakat butuh perhatian serius dari pemerintah daerah sebagai fasilitator kepada kedua perusahaan raksasa itu" tegas Ketua Umum DPP LSM Gapura RI, Hakim Adonara kepada awak media.


Saat meninjau lokasi, Ketua DPRD Yudha Sukmagara bersama jajarannya disambut antusias oleh warga masyarakat setempat, perwakilan tokoh masyarakat dan perwakilan petani hadir mengadukan keluh kesahnya kepada Ketua DPRD YSG di lokasi.


Hadir di lokasi, Kapolsek Kalapanunggal, Ketua MUI Kabandungan, Danramil, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Perwakilan Petani dan Akademisi, Ketua-ketua Ormas dibawah naungan OSS, serta unsur pemuda Kecamatan Kabandungan.


"Untung saja ada PPKM dan kami masyarakat harus mentaati protokol kesehatan. Jika tidak, kami pastikan masyarakat Kabandungan bahkan dengan Kalapanunggal akan membludak mengadukan berbagai persoalan terkait CSR/ TJSL dan aktivitas PT. SE maupun PT. Indonesia Power," ungkap salah satu tokoh pemuda Kabandungan,Nurdiyanto.


"Sebagai putra daerah,saya ucapkan terimakasih kepada Ketua Umum LSM Gapura RI yang terus berjuang mendampingi masyarakat kami, begitu juga selaku masyarakat Kabandungan kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua DPRD YSG bersama jajaran terkait yang bersedia mengunjungi serta mendengar keluh kesah kami," tambah Nurdiyanto.



Ketua Ormas Sepakat Sepaket (OSS), Hermawan alias Koncleng menyebutkan, warga masyarakat sudah geram.


"PT.SE maupun PT.IP tidak ada perhatian terhadap infrastruktur, pertanian, sarana keagamaan, meningkatnya pengangguran selama ini menjadi pemicu lahirnya gerakan masyarakat untuk menuntut hak-haknya yang sudah seharusnya difasilitasi oleh Pemerintah termasuk DPRD Kabupaten Sukabumi" tegas Koncleng.


Sementara itu, Ketua DPRD Yudha Sukmagara (YSG) menyebutkan, secara tupoksi DPRD Kabupaten Sukabumi akan memperjuangkan kepentingan warga masyarakat Kecamatan Kabandungan.


"Surat dari LSM Gapura RI sudah kami terima dan kami kaji, karena itu pada kesempatan ini kami hadir mendengar langsung semua aspirasi dan keluh kesah masyarakat Kecamatan Kabandungan dalam radius terdekat CSR/ TJSL, semua ini akan kami perjuangkan sebagai starting point untuk CSR/TJSL di Kabupaten Sukabumi tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan," pungkas Ketua DPRD Yudha Sukmagara (YSG) menanggapi aspirasi masyarakat Kecamatan Kabandungan.


Dialog atau tanya jawab warga masyarakat dengan Ketua DPRD YSG bersama jajarannya berlangsung tertib, kegiatan tersebut menurut Ketua DPRD YSG akan ditindaklanjuti melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) hingga Pansus CSR/TJSL


(Yp)