CISANDE MASUK 50 BESAR ADWI 2021, SANDIAGA UNO" INI SIMBOL KEBANGKITAN PARIWISATA INDONESIA
-->

Advertisement


CISANDE MASUK 50 BESAR ADWI 2021, SANDIAGA UNO" INI SIMBOL KEBANGKITAN PARIWISATA INDONESIA

LKI CHANNEL
05 September 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bersama Wagub Jabar,  H. Uu Ruzhanul Ulum mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) H. Sandiaga Salahuddin Uno ke Desa Wisata Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (5/9/2021). 


Kunker tersebut terkait penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Seperti diketahui Cisande, masuk ke dalam 50 besar Desa Indonesia Bangkit  ADWI, yang merupakan program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


Bukti sejarah keberhasilan desa tersebut dibubuhkan dalam  prasasti yang ditandatangani Sandiaga Salahuddin Uno. 


Sebelum penandatanganan prasasti, Menparekraf bersama rombongan menyusuri setiap sudut area desa wisata, mulai dari hiburan marchingband opa-oma, Kolam ikan, kerajinan kuliner masyarakat, hingga bermain layangan bersama anak-anak Dalam kesempatan tersebut Menparekraf memberikan sepasang domba untuk dikelola desa wisata. 


Sandi mengatakan, warga Kabupaten Sukabumi harus berbangga hati dengan pencapaian ini. Apalagi, dari 1.831 peserta, Desa Cisande ini masuk ke dalam 50 besar se- Indonesia


Hal ini menurutnya, menjadi simbol kebangkitan pariwisata yang mampu menumbuhkan ekonomi Indonesia. 


"Agro wisata di Cisande ini bisa  menjadi sentra pariwisata, mendukung wilayah lain di Jabar dan Sukabumi untuk maju," ucapnya.


Apalagi, keberhasilan Desa Cisande merupakan hasil kekuatan dan kebersamaan masyarakatnya. Khususnya dalam pemenuhan tujuh kategori yang ditentukan juri.


Hal yang tidak kalah penting dilakukan saat ini, tambah Menteri, ialah penerapan protokol kesehatan. Oleh karena itu, tempat wisata harus memenuhi kriteria CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).


Bupati Sukabumi H, Marwan Hamami mengaku bersyukur atas kepercayaan dan prestasi yang ditorehkan Desa Cisande. Keberhasilan ini menjadi spirit dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.


Menurut H. Marwan, Kabupaten Sukabumi menyimpan berbagai potensi luar biasa. Baik dari sisi kekayaan alam maupun seni budaya. Pariwisata menjadi potensi dominan yang terus digenjot di Kabupaten Sukabumi. 


"Maka dari itu, besar harapan kami adanya dorongan dari bapak Menteri. Khususnya dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.


(amoy)