MENTERI ESDM BERHARAP SUMBERDAYA ENERGI DI CIKAKAK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
-->

Advertisement


MENTERI ESDM BERHARAP SUMBERDAYA ENERGI DI CIKAKAK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

LKI CHANNEL
03 September 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI



Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Aripin Tasrif berharap sumber daya energi yang ada di daerah Cikakak Sukabumi memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat. Hal itu dinyatakanya saat meresmikan Pelaksanaan Tajak Pengeboran Slim Hole CKK-01 oleh Pemerintah Tahun 2021 di Desa Margalaksana, Kec. Cikakak. Jumat (3/9)
 


"Saya berharap pengeboran dapat mengoptimalkan sumber daya energi yang ada didaerah ini supaya bisa dimanfaat dan bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kedepan dan untuk mendukung program menuju energi bersih dan terbarukan serta energi yang bebas karbon" Ungkapnya.


Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman yang mendampingi Kunker Menteri ESDM,  menyampaikan apresiasi kepada Kementerian yang melaksanakan tajak pengeboran Slim Hole CKK-01 tersebut

"langkah-langkah seperti itu merupakan kinerja yang luar biasa dari jajaran Kementerian ESDM, oleh karenanya kami mendukung dengan catatan tetap memperhatikan kearifan lokal, kelestarian sumber daya hayati, kelestarian budaya, dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat".


Sekda berharap kegiatan ekplorasi panas bumi ini dapat memberikan multiplier effect Bagi masyarakat.

" kegiatan ekplorasi panas bumi ini diharapkan mampu menarik banyaknya investor yang konsisten berinvestasi serta dapat memberikan manfaat dan bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Sukabumi" tambah Sekda.


Sebelumnya, Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM Eko Budi Lelono dalam laporannnya menyebutkan bahwa tujuan pengeboran ialah mengidentifikasi Sumber daya panas bumi yang ada di wilayah Cikakak.



 

" Pengeboran ini bertujuan untuk Menghasilkan tingkat akurasi data yang baik sehingga mengurangi resiko disisi hulu dan menurunkan harga listrik sehingga kedepannya bisa bersaing dengan energi lain" terangnya ,Menurut Eko, target pengeboran ialah 2000 M dengan estimasi waktu 70-80 hari.

(Yp)