Pendistribusian BPNT Untuk KKS Dan PKH Di Desa Cibodas
-->

Advertisement


Pendistribusian BPNT Untuk KKS Dan PKH Di Desa Cibodas

LKI CHANNEL
01 September 2021

LKI-CHANNEL , Sukabumi


Desa Cibodas Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat hari ini melaksanakan kegiatan pendistribusian kartu keluarga sejahtera (KKS) dan program keluarga harapan (PKH), kegiatan tersebut di laksanakan di aula kantor desa Cibodas, rabu (01/09/2021).


Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Cibodas (Jajah Junajah N, S.Pd) serta aparat desa Cibodas, ketua TKSK Kecamatan Palabuhanratu (Herman Jayakusuma), Babinsa Desa Cibodas (Sertu Jajang Erwin S) dari Koramil 0622-02/Palabuhanrtu, Satpol PP (Yadi Supriadi dan Ronal) dan dari pihak Bank BNI.


Penerima kartu kelurga sejahtera (KKS) merupakan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT), dan penerima program keluarga harapan (PKH). Jumlah penerima KKS di Desa Cibodas ada 172 KPM, sedangkan jumlah penerima PKH ada 24 KPM untuk keseluruhan desa Cibodas yang terdiri dari 4 Kedusunan.


Kepala Desa Cibodas mengatakan bahwa untuk penerima KKS dan PKH adalah warga yang sosial ekonominya rendah sehingga harus mendapatkan semua bantuan termasuk BPNT.


"Yang mendapatkan kartu ini nantinya jangan disalah gunakan terutama mengambil di desa lain. Sementara itu semua warga desa Cibodas di ajukan tetapi yang verifikasi itu pusat," ungkap Jajah.


Di pihak lain dari ketua TKSK Kecamatan Palabuhanratu Herman Jayakusuma menyampaikan bahwa untuk KKS, bantuan untuk KPM berupa sembako yang terdiri dari minimal 4 item komoditi yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati, dan vitamin.



"Minimal 7 hari bisa di gesek dan ditukar dengan sembako di agen terdekat supaya tidak mengeluarkan biaya transportasi" jelas Herman.


Babinsa Cibodas Sertu Jajang Erwin S dari Koramil 0622-02/Palabuhanratu ikut mendampingi kegiatan tersebut, "kegiatan distribusi berjalan dengan lancar tanpa kerumunan dan mematuhi prokes yang ada yakni diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," imbuhnya.


Salah satu warga penerima manfaat yang bernama Tini dari kampung Babakan Tugu RT 010 RW 006 mengatakan bahwa bantuan BPNT tersebut yang di salurkan melalui desa Cibodas sangat bermanfaat bagi kami yang membutuhkan apalagi di masa pandemi covid-19. 


(Ellah / Ateu)