Desa sinarasa kecamatan Cikakak kabupaten Sukabumi giat kan Gotong Royong Wujudkan Impian Bersama
-->

Advertisement


Desa sinarasa kecamatan Cikakak kabupaten Sukabumi giat kan Gotong Royong Wujudkan Impian Bersama

LKI CHANNEL
11 October 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Sukabumi di tengah Kehidupan yang serba modern dan canggih ini, kehidupan individualisme lebih cenderung dominan Tapi tidak di Nusantara ini kebersamaan, serta kekeluargaan dan gotong royong dalam kebaikan selalu hadir dan menjadi tradisi yang turun temurun sebagai kearifan lokal yang mempunyai nilai luhur.


Sebuah Komitmen yang dibangun oleh Kepala Desa Sirnarasa Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi yang akrab disapa Jaro Okih adalah membangun kekeluargaan dan kebersamaan dalam membangun desanya.


Dirinya terus menghidupkan 'Ruh Leluhur' dengan menjaga tradisi tatanan kehidupan seperti salah satunya budaya gotong royong.


"Satu tersakiti maka semua tersakiti, satu bahagia maka semua bahagia, kita satu komamdo," kata Kades Okih melalui sambungan whatsappnya, Senin 11 Oktober 2021.


Lanjutnya, dirinya selalu memberikan pemahaman kepada warga masyarakat bahwa kebersamaan, kekerabatan, kekeluargaan, gotong royong adalag sesuatu yang harus terus dipertahankan terlebih di jaman yang seperti sekarang ini. 


"Semua kedusunan kita bergantian, dusun satu sama dusun lainnya saling membantu," beber Okih yang dikenal pencinta Jompo dan  yatim piatu ini. 


Masih kata Okih, bidang infrastruktur, bidang sosial, bidang budaya, bidang keagamaan semua bersinergi saling mengisi dan melengkapi.


"Kita bangun desa ini dimulai dari bidang masing-masing. Yang terpenting ini adalah lemah kita, oleh kita dan untuk kita dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ini," terangnya.


Walupun kita tidak ikut perang angkat senjata jaman dahulu kala, Okih mengatakan,  saat ini lah kita berperan mengisi kemerdekaan ini dengan menebar kebaikan, manfaat dan bertanggung jawab menjaga lingkungan kita,  menjaga kemerdekaan kita. 


"Mari tebar kebaikan, manfaat dan tanggung jawab serta peduli kepada sesama," ucapnya lagi. 


Dirinya berharap, bahwa kerja bakti pengerasan jalan ini bisa terus berjalan sesuai jadwal disetiap hari minggu. Jl. Kp. Datarsalak RT 04/04 dan Berharap punya jembatan penghubunh untuk Kp. Sirnarasa ke Kampung Datarsalak.


"Setelah kerjabakti ini selesai, kami warga sirnarasa ingin sekali mempunyai jembatan penguhubung, semoga harapan kami Allah Kabulkan dengan Cara-Nya. Aamiin," tutupnya sambil berdo'a.


(Ellah /Ateu)