Security Perusahaan ayam CV.cahaya farm menggerudug pemukiman warga
-->

Advertisement


Security Perusahaan ayam CV.cahaya farm menggerudug pemukiman warga

LKI CHANNEL
16 November 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Terjadinya suatu gejolak antara perusahaan dengan masyarakat, karena kurang terbangunnya hubungan sosial  yang  baik ,antara perusahaan yang menanamkan investasinya di salah satu tempat dengan masyarakat yang ada di sekeliling nya.  Dan gejolak tersebut bisa terjadi di antaranya  pihak perusahaan kurang punya tanggung jawab terhadap pengelolaan juga lingkungan. 


Seperti halnya yang terjadi di CV.cahaya farm yang terletak di kelurahan situ mekar kec.lembur situ kota sukabumi, Keberadaan perusahaan peternakan ayam tersebut sangat mengganggu ketentraman juga kenyamanan masyarakat sekitarnya.karena sistem oprasional produksi penanggulangan limbahnya tidak mengacu kepada SOP yang ada. 


Dampaknya ribuan  lalat setiap hari mengganggu dan masuk ke setiap rumah ,Apakah kami harus hidup selamanya dengan lalat,dan apakah kami tidak punya hak untuk hidup sehat ? Imbuh salah satu tokoh  masyarakat yang tidak mau di sebutkan namanya.


Kami sudah bertahun -tahun menjalani kehidupan seperti ini, kepada siapa kami harus mengadu dimana letak pengawasan  pemerintah terkait dengan masalah kami ini. Ungkapnya.


Akhirnya kesabaran masyarakat sampai pada puncaknya yakni  dengan lantang menyuarakan keluhan juga penderitaannya melalui medsos


Suara keluhan masyarakat itu bukan di jawab oleh  perusahaan dengan pendekatan persuasif untuk mencari langkah2 solusi terbaik dengan masyarakat tapi dengan tindakan  sert sikap arogansi terhadap masyarakat.kejadian tersebut terjadi  Pada hari Senin tanggal 14 November 2021 sekitar jam 14,30.dimana  beberapa security cv cahaya farm  tersebut dengan sengaja menggeruduk warga masyarakat RW 07 kelurahan situmekar kecamatan lembur situ,kota sukabumi.ada salah seorang  security berinisial A.A dengan arogansinya mengintimidasi ,menakut nakuti, menantang berantem hingga mengancam warga dengan kata2 yg tidak pantas ,  pungkas salah satu warga ke awak.media 


Dari kejadian tersebut di lapangan ternyata ada beberapa hal yang harus.menjadi bahan pertimbangan dan di ketahui oleh semua pihak utamanya pihak  perusahaan dan dinas2  terkait. Di antaranya


1 ribuan lalat yang sudah masuk ke pemukiman penduduk, yang mangganggu kenyamanan juga kesehatan

2.air limbah yg mengalir ke permukiman Penduduk khususnya masyarakat Rt 04 Rw.03.

3. Lay out Drainase air yang tidak di bangun  sesuai dengan SOP yang ada.yang akhinya setiap musim hujan datang Air hujan yang tercampur dengan limbah  kandang langsung bermuara ke jalan permukiman sehingga menimbulkan banjir

4.blower pembuangan  udara dari kandang yg menghadap ke permukiman warga menimbulkan bau dan kotor ke perkampungan.pungkas salah satu warga lainnya.


Sampai hari ini pihak perusahaan belum bisa memberikan keterangan terkait dengan kejadian ini kepada awak media.


Harapan kami mari kita duduk bersama..mencari langkah solusi terbaik  agar perusahaan bisa menjalankan operasional produksinya dengan baik semntara masyarakat juga tdk merasa terganggu kenyamanan serta ketenangan  hidupnya.Bukan dengan cara2 arogansi dan pengancaman2 seperti itu.ini negara hukum kami masyarakat punya hak  untuk bersuara dan menetukan pilihan hidup untuk lebih layak dan jauh dari gangguan lalat juga limbah kotoran perusahaan tersebut. Tambahnya.


(Red)