Disdukcapil kabupaten sukabumi target kan 30% untuk realisasikan percepatan KIA
-->

Advertisement


Disdukcapil kabupaten sukabumi target kan 30% untuk realisasikan percepatan KIA

LKI CHANNEL
05 December 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi melakukan sosialisasi dan edukasi percepatan Kartu Identitas Anak (KIA) di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Madrasah Tsanawiyah (MTS) juga kepada para penilik pendidikan.


Sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat melalui PRD, HIMPAUDI dan termasuk dengan pengurus daerah Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) untuk melakukan upaya perbaikan awal data anak.


Selain daripada itu, dalam mewujudkan program layanan prima, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi pun pada tahun ini telah mendapatkan bantuan dari anggaran prioritas Bupati Sukabumi yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


Diantaranya, bantuan berupa alat percetakan dan perekaman KTP elektronik dan KK sebanyak 20 unit yang disebar di delapan UPTD dan 10 kecamatan prioritas.


Saat di temui Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian  mengatakan, untuk Kabupaten Sukabumi jumlah total anak dari mulai usia 0 sampai 17 tahun kurang lebih terdapat 826.000 anak.

“Target nasional untuk Kabupaten Sukabumi ini, harus bisa mencapai 30 persen "Nah, untuk anak di Kabupaten Sukabumi yang sudah memiliki KIA sampai saat ini untuk persentasinya sudah diangka 29,28 persen.


Jadi untuk target nasional 30 persen itu, kita tinggal 0,18 persen lagi Sehingga anak yang sudah memiliki KIA di Kabupaten Sukabumi itu, ada 232.515 anak,” kata Iwan kepada media pada Senin (22/11).


Menurut Iwan, KIA sangat penting dan kini hukumnya wajib karena setiap anak itu harus memiliki identitas. Diantaranya, untuk memesan tiket pesawat, membuka rekening tabungan sendiri, pendaftaran sekolah, hingga mengurus BPJS dan lain sebagainya.


“Dengan adanya KIA ini, tentunya akan lebih mudah dan hal lain manfaatnya ada reward dari perusahaan yang sudah kerjamasa dengan Disdukcapil jadi yang di maksud reward bagi anak bila mereka nabung di BJB ada semacam doorprize, kemudian jika anak mau bermain air atau berenang dan pergi ke tempat KFC dan membeli buku ke toko Gunung Agung, itu ada diskon tersendiri bagi anak yang sudah memiliki KIA,” paparnya.


(Alung)