Junajah jajah Kepala Desa Yang Mewakili Organisasi Parade Nusantara Optimis, Perda Desa Wisata Akan Segera Terealisasi
-->

Advertisement


Junajah jajah Kepala Desa Yang Mewakili Organisasi Parade Nusantara Optimis, Perda Desa Wisata Akan Segera Terealisasi

LKI CHANNEL
14 December 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Desa wisata merupakan bagian dari pengembangan pariwisata berkelanjutan dan menjadi salah satu program Pemerintah Republik Indonesia yang diharapkan dapat mempercepat kebangkitan pariwisata dan memicu pertumbuhan ekonomi.


Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Bahas Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Pengembangan Desa Wisata yang diadakan bersama dinas terkait dan beberapa unsur lainnya di Hotel Augusta Jl. Cikukulu Cisaat, Sukabumi, Senin 13/12/21.


Ini masih menjadi PR besar buat kami mengingat tidak setiap desa dapat dijadikan desa wisata, berhubung masih banyaknya lahan milik desa yang bersinggungan dengan beberapa pihak lain, seperti berbatasan dengan lahan perhutanan dan pertanian. masalah ini sedang dalam pembahasan mendalam bersama dinas dan unsur terkait lainnya dalam Focus Group Discution (FGD), "ungkap Paoji SE dari Fraksi PDI-P.


Desa Wisata memajukan perekonomian perdesaan dan mebangkitkan pendapatan masyarakat, memberikan perhatian desa untuk kesejahteraan masyarakat desa. 


Pemerintahan desa harus memiliki basis data yang jelas mengenai lahan, lokasi, daerah serta bagaimana ekosistem yang dapat membantu pengembangan destinasi wisata nantinya.


Selain itu menurut Junajah Jajah Nurdiansyah, S.Pd, Kepala Desa Cibodas kecamatan Pelabuhan Ratu Yang saat itu mewakili Organisasi Parade Nusantara berharap' semoga Perda ini secepat nya terealisasi agar menjadi payung Hukum bagi pemangku kepentingan.


" Seperti yang kita ketahui masih banyaknya tanah Desa yang maka kita akan benar-benar kaji dari segi legalitas lahan yang akan untuk wisata tersebut. Jangan sampai, status lahan tersebut tumpang-tindih dengan pihak lain,” lanjut Jajah. 


Desa Cibodas bakal dijadikan destinasi wisata alam baru yang menjadi bagian dari kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu


Puncak Junajah Gunung Haneuleum destinasi wisata berlatar pemandangan hamparan laut dan pegunungan berada diketinggian lebih kurang 300 MDPL diatas permukaan laut.


Potensi wisata didesa Cibodas yang diminati parawisata dikawasan penggunungan ini adalah wisata paralayang dan traveling di alam bebas yang meliputi diareal lahan milik PTPN VIII selain wisata paralayang akan juga dibangun, Camping Ground, Homestay, Gazebo, Spot Selfie, serta fasilitas penunjang destinasi wisata lainnya.


Pembangunan destinasi wisata Puncak Junajah Gunung Haneuleum merupakan inisiatif Kepala Desa Cibodas, Junajah Jajah Nurdiansyah. 


(Anwar Satibi/Almiat)