Destinasi Wisata Puncak Libra Desa Cibodas di Kunjungi Bupati Sukabumi
-->

Advertisement


Destinasi Wisata Puncak Libra Desa Cibodas di Kunjungi Bupati Sukabumi

LKI CHANNEL
05 January 2022

LKI-CHANNEL , Sukabumi


Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami kunjungi Destinasi Wisata Puncak Libra di Desa Cibodas. Puncak Libra adalah salah satu Destinasi yang ada di Kabupaten Sukabumi yang mempunyai pemandangan yang indah dan memiliki view Laut, Gunung dan Sawah (Lagusa).


Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menyampaikan, bahwa selama 2 hari ini melakukan perjalanan,yaitu mengunjungi Desa Adat untuk persiapan kedatangan Mentri PDT dan dilanjutkan dengan mengecek potensi-potensi Destinasi Wisata yang baru, salah satu nya adalah tempat ini (Puncak Libra) di Desa Cibodas Kades Junajah dan untuk rencana pembangunan nya bagaimana nanti Desa memberikan ide gagasan setelah proses tahapan-tahapan yang harus dilalui.


"Jadi memulai nya tentu dengan ide, tempat ini didorong. Ketika nanti menyangkut pengembangan,tentunya status dari tempat ini juga harus clear dulu. Tapi melihat potensi yang dimiliki di Desa Cibodas,ini menjadi peluang untuk menjadi aset pengembangan pariwisata," ungkapnya, Rabu (05/01/2022).


Bupati Sukabumi menjelaskan, Desa wisata itu kan nanti akan terakumulasi, terkondisikan, bagaimana potensi ini dikelola oleh perangkat desa lewat masyarakat yang aktif, dimana potensi ini bisa memberikan dampak untuk kesejahteraan,pemberdayaan dan yang paling penting bagaimana tempat ini bisa menjadi tempat rekreasi tingkat kebahagiaan masyarakat, terutama nanti di Cibodas adanya area publik seperti ini.


"Dimana masyarakat melalui orang tua dan anak-anak bisa bersilaturahmi, bersenda gurau dan bercengkrama di tempat ini," kata H.Marwan Hamami.


Bupati Sukabumi pun menerangkan, bagaimana kondisi-kondisi ke depan peran dari perangkat desa untuk mengoptimalkan fungsi nya. Jadi orang datang kesini itu tidak hanya melihat pemandangan saja,tetapi ada edukasinya nanti.


"Baik menjadi Agro Wisata dan pusat edukasi bagi anak-anak, misalnya tempat pramuka berlatih, bisa juga kegiatan-kegiatan rutin anak-anak dan bisa juga dibuatkan pelatihan pengajian serta banyak juga peluang lainnya," paparnya.


Tempat seperti ini outbond nya lebih baik,masih kata Bupati, dari pada mereka harus terus berada dalam satu ruang yang jenuh. Kalau seperti ini kan anak-anak bisa berkreasi. Bisa dilihat kan kegembiraan anak-anak yang lagi berkunjung hari ini dari pada mereka tinggal dibangku, diam mendengar hanya satu arah, itu gambaran nya.


Untuk dukungan sendiri dari pemerintah daerah pasti mendukung, nama nya juga regulator memberikan ruang Kabupaten dan Desa, tapi bagaimana rakyat nya itu sendiri mau tidak?


"Tidak tertutup kemungkinan ini bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata di Kabupaten Sukabumi. Jadi tidak hanya pemandangan saja yang dilihat ketika orang berkunjung kesini, tapi harus ada lanjutannya yaitu edukasi, rekreasi dan religi yang bisa dilakukan di tempat ini," ungkapnya.


DEitempat yang sama, Kepala Desa Junajah Jajah mengatakan bahwa barusan beliau (H.Marwan Hamami) mengatakan bahwa Destinasi wisata ini akan dibangun, tetapi kan yang pertama tanah nya dulu, keduanya di Desa Cibodas yaitu di puncak libra ini harus ada agro wisata, jadi beliau akan menanam pohon durian dan harus ada juga tempat seperti pertanian nya dulu, ya Alhamdulilah beliau respon sekali.


"Saya berharap secepatnya dibangun,karena memang masyarakat sekitar pengen merasakan keindahan di puncak libra ini. Karena ini viem nya Lagusa (Laut, Gunung dan Sawah). Sehingga Destinasi Wisata ini akan terbangun apabila masyarakat bekerjasama dengan Pemerintahan Desa, Kabupaten dan Pusat," terang Junajah.


"Insya Allah, beliau juga merespon baik dan kami juga merasa bangga dan bahagia. Bahwa hari ini bisa dikunjungi oleh Pak Bupati orang nomor 1 di Kabupaten Sukabumi beserta Pak Kadis PU beserta jajaran dan Pak Kadis Pariwisata yang mungkin kedua nya itu benar-benar mumpuni, karena harus berkolaborasi," tambahnya.


Disini juga, lanjut Junajah, akses jalan nya belum bagus dan kemungkinan nanti nya akan dibangun. Insya Allah Desa Cibodas punya puncak libra ini suatu kebanggaan nanti nya.


"Insya Allah Desa Cibodas bisa Maju setelah punya Destinasi Wisata ini," ujarnya.


Rencana nya, masih kata Junajah, untuk pembangunan di puncak libra ini yang pertama kita akan buat untuk tempat Camping. Mudah-mudahan apapun bentuk nya dipuncak libra ini bisa sukses untuk kesejahteraan masyarakat sekitar kita khususnya, dan bisa memulihkan ekonomi.


"Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir dan jangan sampai berlanjut," ucapnya.


Junajah pun menjelaskan bahwa wisata kita ini mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama untuk masyarakat lokal yang perlu dikembangkan,karena di disini masih banyak warga masyarakat yang berpenghasilan rendah.


"Semoga setelah adanya pembangunan di tempat destinasi wisata ini penghasilan masyarakat Desa Cibodas meningkat," harapnya.


Sementara itu, Burhanudin warga Kampung Cipulus Desa Cibodas,salah satu pengunjung lokal yang berada di tempat destinasi wisata puncak libra tersebut mengatakan, bahwa view nya sangat baik sekali dijadikan destinasi wisata, karena tempat nya sangat indah dan wisatawan sangat terpancing untuk datang kesini.


"Alhamdulilah untuk saya pribadi terutama anak-anak dan Ibu-ibu rasanya bahagia sekali dan hari ini suasana nya sangat meriah," pungkasnya.


(Red)