MENTERI DESA BELI INOVASI DESA CIKAHURIPAN," SAYA PASANG DAN PROMOSIKAN DIKANTOR KEMENDES
-->

Advertisement


MENTERI DESA BELI INOVASI DESA CIKAHURIPAN," SAYA PASANG DAN PROMOSIKAN DIKANTOR KEMENDES

LKI CHANNEL
14 January 2022

LKI CHANNEL , Sukabumi


Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mendampingi kunjungan Menteri Desa, Pembangeunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar untuk meninjau Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Jumat (14/1/22) 


Sekda mengatakan, potensi Bumdes di Desa Cikahuripan cukup baik, produk-poduk yang dihasilkannya antara lain ikan abon, kopi barista dan jaringan internet. 


"Alhamdulillah hari ini pak Menteri Kemendes bisa hadir di Kabupaten Sukabumi untuk meninjau bumdes secara langsung. Dan ada beberapa produk-produk yang ditampilkan disini, misalnya ikan dalam kemasan, kopi barista dan jaringan internet hasil buatan lokal," jelasnya


Ada produk yang akan dibeli oleh Kemendes, kata Sekda,  yakni jaringan internet hasil buatan lokal, yang nantinya akan dijadikan percontohan seluruh Desa di Indonesia. 


"ada hasil IT disini yang akan dibeli oleh Kemendes untuk dijadikan contoh diseluruh Indonesia," terangnya


Menteri Desa PDTT menyebut, terdapat inovasi yang sangat membanggakan yang dilakukan oleh Bumdes Sumber Kahuripan, yaitu inovasi dibidang IT, hal ini memberikan harapan baru bagi berbagai usaha yang dikelola oleh bumdes secara bersama-sama. Sehingga produk ini akan menjadi  pelayanan jaringan internet terhadap masyarakat. 


"ini sangat menarik dan nanti saya juga akan pesan 4 unit, akan saya pasang dikantor, dan nanti bisa saya tawarkan kepada tamu-tamu yang datang ke Kementerian Desa," ungkapnya


Masih kata Abdul Halim, Dirinya berterimakasih kepada Pemkab Sukabumi tentunya dalam langkah-langkah strategis yang diambil, salahsatunya dengan mendirikan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Agro Sukabumi Mandiri yang hari ini melakukan MoU dengan salah satu Desa dalam  urusan kopi. 


"tentu akan berkembang lebih lanjut dan inilah yang kita harapkan ada inovasi baru di daerah untuk mempercepat dan memperkuat pemasaran," tegasnya.


Diakhir kegiatan, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Perumda Agro Sukabumi Mandiri dengan Bumdes Gunung Kramat, yang digelar diruang aula desa cikahuripan desa cisolok.


(JECKY S.)