Pengaspalan Jalan Usaha Tani Membawa Kemudahan bagi Petani Kampung Pamoyanan- Pasirbalay
-->

Advertisement


Pengaspalan Jalan Usaha Tani Membawa Kemudahan bagi Petani Kampung Pamoyanan- Pasirbalay

LKI CHANNEL
09 April 2022

 


LKI CHANNEL sukabumi ;-

Pembangunan jalan usaha tani berupa pengaspalan membawa keberkahan dan kemudahan bagi warga, khususnya petani di Kampung Pamoyanan dan Kampung Pasirbalay, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Dengan adanya pengaspalan jalan tersebut, kini para petani bisa berangkat dan pulang ke sawah atau ke kebun dengan naik kendaraan bermotor.


Asalnya jalan yang dibangun itu berupa bentangan baru perkerasan tanpa pelapis, Aspal. Ketika musim kemarau, kondisi jalan dalam keadaan, renjul, karena belum adanya pengaspalan, seperti selokan kehabisan air. Sementara pada musim hujan, bentangan jalan tersebut berubah manjadi jalan berlumpur, licin, dan bergelombang.


“Kini jalan tersebut dibangun karena fungsinya sangat vital sebagai jalan usaha tani, warga sudah dapat merasakan berkah dan manfaat dari pembangunan jalan ini,” kata Otoy warga kampung Cidadap Desa Jagamukti, kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).


Otoy dan warga lainnya  mengetahui persis manfaat dari peningkatan jalan usaha tani tersebut. Pembangunan jalan usaha tani itu dibiayai oleh Dana desa  (DD) tahap pertama tahun 2022 yang disalurkan oleh  Pemerintah Pusat.


“Selama ini saya sebagai warga masyarakat  terus berjuang untuk mendapatkan pembangunan jalan tersebut melalui musdus hingga Musrenbang Des demi untuk membangun infrastruktur pertanian dikampung kami,” ujar dia.


Dana yang diserap untuk membangun jalan usaha tani mencapai Rp179.775.000 Volumenya pekerjaan mencapai panjang 740 meter dengan lebar 2,5 meter. Otoy yakin, kehadiran proyek pembangunan jalan usaha tani dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat, khususnya para petani.


“Karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Khususnya kepada Kepala Desa Jagamukti Apay Suyatman yang telah memperjuangkan proyek peningkatan jalan usaha tani di Kampung kami,” tuturnya.  


Warga dikedua kampung itu menyampaikan syukur Alhamdulillah karena sekarang dia dapat bepergian ke sawah dan kebun sambil membawa sepeda motor. Perjalanan bisau lebih lancar dan pengangkutan hasil panen lebih lancar sehingga dapat menekan ongkos angkut katanya.


(JECKY S.)