Oknum warga yang membuang sampah sembarangan sehingga bertumpuk di bawah jembatan layang cikampek membuat bau yang tidak sedap
-->

Advertisement


Oknum warga yang membuang sampah sembarangan sehingga bertumpuk di bawah jembatan layang cikampek membuat bau yang tidak sedap

LKI CHANNEL
13 May 2022


 Lki Channel Karawang ;-

Sampah liar yang berada di sepanjang jalan Sudirman tepatnya dibawah jembatan layang Proweh Pucung dan di jalan Rawa mas Jomin Barat kotabaru membeludak menimbulkan bau tak sedap .pasalnya sampah liar tersebut berada pinggir jalan Padahal hari hari sampah-sampah liar itu diangkut oleh armada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. Dan tempat sampah itu bukan tempat sampah yang sebenarnya alias Liar.


Petugas mobil sampah UPTD DLHK Cikampek Heri Hermawan mengatakan, untuk sampah yang berada di sepanjang jalur Cikampek sampai Purwasari bukan tempat pembuangan sampah resmi. “Sebenarnya sampah disepanjang jalur Cikampek – Purwasari merupakan TPS liar, warga buang sampah sembarangan,” ujarnya.


Meski demikian, jumlah sampah yang berada di sepanjang jalur itu sangat banyak, karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan. “Kita setiap hari selalu mengangkutnya dengan dua armada tapi warga tetap saja membuangnya sembarangan,” katanya.


Walaupun sudah diangkut, masih ada aja sampah yang tersisa.bahkan bertambah Ia berharap, masyarakat tidak membuang sampah ke tempat tersebut. “Tentu kami berharap masyarakat bisa lebih sadar dalam menjaga lingkungan,” pintanya.


Dalam Giat Pengangkutan Sampah liar tersebut terdiri dari Bank Sampah Latanza, Camat Kotabaru, DLHK, Dishub, Koramil ,Linmas aparatur Desa Pucung, Satpol PP Kotabaru, PPJ Kecamatan Kotabaru.


Camat Kotabaru Drs Dedi Setiadi mengikuti dalam giat pengangkutan sampah liar tersebut mengatakan sampah sampah liar itu sudah puluhan kali diangkut dan dibersihkan akan tetapi sudah diangkut seminggu numpuk lagi ini dikarenakan kesadaran manusianya sangat rendah dengan sengaja membuang sampah sembarangan " Tingkat kesadaran manusia nya masih rendah dengan membuang sampah pada sembarangan bukan pada tempatnya , hal ini membuat sampah sampah liar bertumpuk dan menimbulkan bau tak sedap , hari ini kita angkut kembali sampah liar tersebut " Ucap Camat Kotabaru kepada lki chanel. com, Jumat 13/5/2022, pagi.


Dedi Setiadi sempat geram dengan perilaku warga yang membuang sampah sembarangan hingga ke depannya Kecamatan Kotabaru akan di terapkan dengan tegas peraturan K3 " Terkadang kalau melihat sampah bertumpuk lagi membuat kita kesal bagaimana tidak kita yang angkutin hingga bersih sementara orang besoknya bawa tumpukan lagi dengan sampah " Kata Camat.


Ia menjelaskan hari ini kita angkut sampah liar di dua titik yakni di Rawa mas dan dibawah jembatan layang Proweh .


Senada dengan Direktur Bank Sampah Latanza H.Iis yang akrab disapa Bu Jois menyampaikan dampak dari buang sampah di sembarang tempat sangat berbahaya bagi kesehatan selain sebagai wadah penyakit juga mengeluarkan bau busuk " Selain berbahaya bagi kesehatan sampah liar akan berdampak pada lingkungan dengan bau tak sedap saat sampat tersebut menumpuk apalagi kalau musim hujan tiba, saya berharap masyarakat jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempat tempat yang telah disediakan " Pungkasnya.

(Aml/ado)