GOLDEN DAN CARIBIAN MELON MENJADI VARIETAS UNGGULAN SUKAJAYA SUKABUMI.
-->

Advertisement


GOLDEN DAN CARIBIAN MELON MENJADI VARIETAS UNGGULAN SUKAJAYA SUKABUMI.

REDAKSI
22 Januari 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Penentuan komoditas unggulan daerah merupakan salah satu faktor kunci pengembangan ekonomi daerah. Banyak metode yang digunakan dalam penentuan komoditas unggulan daerah seperti produk khas, luas lahan, jumlah usaha, produktivitas komoditi, penyerapan tenaga kerja, aspek pemasaran, keunggulan kualitas, harga produk dan sebagainya.
Kabupaten Sukabumi Selain memiliki pontensi wisata yang luar biasa ternyata memiliki komoditas unggulan, selain beras, sayuran serta bunga dan daunnya sektor buah buahan juga menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Sukabumi seperti manggis, pisang dan lain lain.
Komoditas buah yang sedang di kembangkan di Desa Sukajaya Kabupaten Sukabumi saat ini salah satunya adalah buah melon.

"Untuk uji coba kita tanam satu hektar dan hasilnya 36 ton per musim atau per 3 bulan" ungkap Deden Gunaepi Kepala Desa Sukajaya Saat mendampingi Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menerima kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Abdul Halim Iskandar dan Kedutaan Republik Rakyat Tiongkok, Xiao Qian dilokasi perkebunan melon di Desa Sukajaya, Selasa (21/1/2020).

Dua Varietas unggulan buah melon yang dimiliki Desa Sukajaya yaitu golden melon yang memiliki warna kulit kuning dan karibia melon yang memiliki serat dan berwarna hijau.
Deden menambahkan, untuk pemasaran dirinya mengaku tidak merasa kesulitan, Selama 4 tahun silam dirinya bersama masyarakat dan Bumdes terus berupaya mengembangkan buah melon tersebut
" untuk Pemasaran sendiri sudah masuk ke supermarket dan ke hotel -hotel berbintang termasuk pasar induk se Indonesia dan kami sudah siap export" tambahnya.
Kedepan, Deden berharap Desanya memiliki ciri khas iconik dengan buah melon dengan mengajak masyarakat melakukan penanaman dipekarangan rumah serta mengajak kelompok tani untuk membudidayakan buah melon
" Kedepan ingin jadi Desa Eduwisata, Bukan hanya buah melon namun bahan dasar makanan dari buah melon akan kita kembangkan, kedepan masyarakat yang ingin belajar budidaya dan menikmati buah melon serta olahan berbahan dasar buah melon bisa datang ke desa kami" jelasnya.
Ditempat yang sama bupati sukabumi H.Marwan Hamami menyampaikan bahwa kunjungan Menteri dan Kedubes tersebut memberikan banyak peluang untuk pengembangan potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi diantaranya sektor pertanian yang saat ini terus didorong menjadi sektor unggulan.
"Desa Sukajaya harus menjadi contoh bagi desa lain,Kepala desa harus memiliki ide, gagasan, serta kreatifitas serta mampu memotivasi warganya untuk pengembangan wilayah secara buttom up, setelah itu Pemda kemudian mengarahkannya," terangnya. 
( yopi)