MUSRENBANGKEC, CAMAT SUKABUMI " SEMOGA RENCANA PEMBANGUNAN TEREALISASI
-->

Advertisement


MUSRENBANGKEC, CAMAT SUKABUMI " SEMOGA RENCANA PEMBANGUNAN TEREALISASI

LKI CHANNEL
10 February 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Kecamatan Sukabumi menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2021. Musyawarah digelar setelah sebelumnya Musdus, Musrenbangdes dan PraMusrenbang tingkat Kecamatan dilaksanakan.


Acara bertempat di Aula Kecamatan Sukabumi tersebut dihadiri Forkopimcam, para Kepala Desa,ketua BPD, LPMD, Ketua TP PKK Desa, PK KNPI. Kepala UPTD dan UPTB se Kecamatan Sukabumi, juga hadir anggota DPRD komisi 2 dan Komisi 4.
Adapapun Tim 4 Bappeda Kabupaten Sukabumi mengikuti acara secara virtual.
Menurut Camat Sukabumi
Endang Suherman Musrenbang melibatkan sebanyak banyakya unsur, dengan tujuan merumuskan perencanaan pembangunan secara bersama sama, sesuai dengan kebutuhan di masing masing wilayah
" Musrenbang ditiap tingkatan dilaksanakan berprinsif pada pola partisipatif, dengan maksud semua aspirasi terakomodir, walaupun pada akhirnya harus menggunakan skala prioritas" ungkap Camat Sukabumi.
Endang Suherman juga menyampaikan kepad anggota legislatif bahwa hasil dari musrenbang bisa direalisasikan.


" Artinya besar harapan aspirasi masyarakat bisa diwujudkan dalam pembangunan, dapat mendorong kemudahan aktivitas publik, dan mendorong baik langsung atau tidak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat" tambahnya.
Seperti diketahui, Musrenbang merupakan Proses penganggaran partisipatif dan menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah.
"Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up dimana masyarakat bisa secara aktif menyamlaikan aspirasi terkait kepentingan umum" demikian dikatakan Camat
Hal tersebut, lanjut Endang, menunjukan bahwa Musrenbang menjadi media terbuka Masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan.
" kita apresiasi peranserta Masyarakat dalam Musrenbang karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah melalui pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan" pungkasnya

(Yp)