WABUP SEBUT P3A MITRA STRATEGIS PEMERINTAH KUNCI PRODUKTIVITAS PANGAN
-->

Advertisement


WABUP SEBUT P3A MITRA STRATEGIS PEMERINTAH KUNCI PRODUKTIVITAS PANGAN

LKI CHANNEL
22 March 2022

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka Bimbingan Teknis Penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air( P3A)
Kab Sukabumi di salah satu kawasan di Kecamatan Sukabumi, Selasa (22/03/22).


Kadis PU Kab Sukabumi Asep Japar mengatakan Bimtek tersebut untuk meningkatkan kualitas pengaturan irigasi supaya lebih baik. Bimtek diikuti oleh 156 orang Mitra Cai Se-Kab Sukabumi.
Menurut Wabup, Pemerintah Kab Sukabumi menyambut baik upaya meningkatkan kualitas kerja petugas operasi dan pemelihara irigasi dikalangan P3A yang ada di Kab Sukabumi.
" Melalui bimtek ini diharapkan peserta memahami tentang peran dan tanggung jawab P3A dalam pengelolaan jaringan irigasi terutama memahami pembagian peran serta dalam pengelolaan irigasi antara pemerintah dan masyarakat" jelasnya.



" penyediaan air irigasi bagi tanaman menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan, terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran aktip P3A, dimana petani diberi wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan ditingkat usaha tani sebagaimana diatur dalam UU no 7/2004 tepatnya di pasal 41 yaitu bahwa Pemerintah berwenang dan bertanggung jawab mengembangkan irigasi Sekunder dan Primer selanjutnya untuk pengembangan irigasi tersier menjadi hak dan tanggung jawab P3A." Jelasnya.
Wakil Bupati berharap dengan adanya Bimtek ini manpaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dan menjadikan irigasi di Kab Sukabumi akan lebih baik dan hasil Produksi Pertanian akan meningkat.
Diakhir acara dilakukan Pemberian Akta Notaris bagi P3A yang diwakili oleh tiga orang peserta.

(At)