Karya Bhakti Negeri Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis serta Pembagian Sembako oleh PT PLN Indonesia Power Palabuhanratu
-->

Advertisement


Karya Bhakti Negeri Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis serta Pembagian Sembako oleh PT PLN Indonesia Power Palabuhanratu

LKI CHANNEL
31 May 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI 


PT. PLN Indonesia Power PLTU Jabar 2 Palabuhanratu menggelar acara Karya Bhakti Negeri di dalamnya ada beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya pengobatan gratis, sembako gratis serta bazar murah. Acara tersebut dilaksanakan di Mess Dormitori PLTU Palabuhan Ratu Jalan Cipatuguran Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Rabu (31/05/2023)


Humas PT. PLN PLTU Indonesia Power Asep Tresna Nulhakim mengatakan, Alhamdulillah pagi ini kami dari PLN PT Indonesia Power PLTU Palabuhanratu mengadakan suatu giat dengan tema Karya Bhakti Negeri berupa pengobatan gratis dan juga pembagian sembako untuk masyarakat.


"Untuk target masyarakat sendiri yaitu kurang lebih 1000 masyarakat itu meliputi terkhusus ring satu PLTU Palabuhanratu yang meliputi 4 Desa dan 1 Kelurahan," ucapnya.


Asep pun menjelaskan bahwa tujuan ini tidak lain salah satu bentuk CSR kami, salah satu program CSR dari PT. Indonesia Power, kemudian juga tujuan besarnya adalah sinergitas antara kemanfaatan PLTU dengan masyarakat mendekatkan masyarakat dengan PLTU dan mendekatkan PLTU dengan Masyarakat.


"Untuk pengobatan gratis ini banyak sekali manfaatnya, tadi banyak sekali keluhan dari masyarakat yang sangat bervariatif. Ada yang sampai kita rujuk ke rumah sakit, secara umum sakit musiman. Ada yang batuk, pilek ada juga yang gatal-gatal, diabetes dan sebagainya. Kami juga melakukan pengetesan, jadi kalau rasa diperlukan kami tes gula darah, kolestrol dan asam urat," jelasnya.


Untuk bazar sembako murah, lanjut Asep, pada dasarnya ini melibatkan ada Samaratu Group, disini kami ada koperasi karyawan Samaratu Mart produknya, yaitu sembako untuk masyarakat umum diluar program pembagian sembako gratis. Jadi untuk sembako gratis itu untuk masyarakat tertentu yang memang layak mendapatkan itu, kemudian bazar sembako murahnya untuk masyarakat umum pada dasarnya.


"Mitra kami yang mendukung kegiatan ini mitra strategis, jadi tidak semuanya mitra dilibatkan. Hanya mitra stategis yang memang dengan PLN Palabuhanratu itu kontraknya, secara continunitas keberlanjutan itu ada perusahaan disini, di antaranya ada Samaratu Group, kemudian Adiguna Putra, HPI, GPM kemudian EPN," ujarnya.


Program ini pada dasarnya tiap tahun itu berjalan, masih kata Asep, cuman di tahun 2020 kita ketahui bersama terpotong oleh Covid-19, terakhir kami agendakan itu tahun 2019 dan terpotong Covid.


"Alhamdulillah ditahun ini bisa kita laksanakan dan ditargetkan di tahun ini menjadi 3 tahap dan ini tahap pertama, antusias masyarakat sangat banyak dan selanjutnya ditahap dua dan tiga akan kita laksanakan di desa-desa lainnya," imbuhnya.


Saat di tanyai awak media terkait pemasangan jaringan saluran udara tegangan tinggi di PLTU,  Asep Tresna Nulhakim pun memaparkan, pada dasarnya pemasangan jaringan saluran udara tegangan tinggi itu sudah ada standarnya, jadi standar yang di pasang teman-teman distribusi  itu bukan dari PLTU ranahnya, itu dari teman-teman transmisi dan itu sudah memenuhi standar yang ada, sehingga jangkauan radiasi kebawah itu sudah sangat aman.


"Jadi dengan adanya aktivitas masyarakat dibawahnya itu, Insya Allah sudah memenuhi standar aman bahkan bukan hanya Standar Nasional indonesia tetapi juga standar internasional," tuturnya.


Ditempat yang sama, Sekertaris Panitia Karya Bhakti Negeri yang kerjasama dengan PLTU Palabuhanratu, Deris Alfauzi mengatakan, Alhamdulilah hari ini kita melaksanakan bakti sosial yang pertama pengobatan gratis, pembagian sembako dan Bazzar murah.


"Untuk tahap pertama ini kita melibatkan dua desa, karena Ring 1 itu meliputi 4 Desa 1 Kelurahan. Untuk tahap pertama ini yaitu Desa Jayanti dan Kelurahan Palabuhanratu," katanya.


Deris pun menjelaskan bahwa untuk sasaran pengobatan gratis ini kurang lebih 1000 orang yang kita targetkan, yang nanti dibagi dalam 3 termin dan hari ini yang hadir kurang lebih 250 orang.


"Kami berharap, pertama bagaimana mendekatkan PLTU dengan masyarakat, yang kedua masyarakat pun merasa memiliki hadir nya PLTU di Kecamatan Simpenan dan Palabuhanratu ini, sehingga dengan adanya pengobatan gratis ini bisa memberikan kontribusi untuk bangsa, wilayah dan khususnya di Kecamatan Palabuhanratu," pungkasnya.


Sementara itu, Mira salah satu warga Desa Jayanti mengucapkan terima kasih kepada PLTU Palabuhanratu yang telah mengadakan pengobatan gratis dan sembako gratis.


"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih sekali ya atas pengobatan gratis dan sembako gratis ini. Semoga kedepan nya PLTU selalu peduli akan masyarakat sekitar yang ada di wilayah PLTU ini," tandasnya.


(Ellah/Ateu)