Polres Purbalingga Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Pemilu 2024
-->

Advertisement


Polres Purbalingga Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Pemilu 2024

LKI CHANNEL
13 October 2023

LKI-CHANNEL , Purbalingga 


Polres Purbalingga menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023 - 2024 di Aula Purbasari Pancuran Mas, Jumat (13/10/2023). Rapat digelar sebagai kesiapan menghadapi pengamanan Pemilu 2024.


Kegiatan dihadiri Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan, Sekda Kabupaten Purbalingga Herni Sulasti, Dandim Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol dan sejumlah unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga anggota KPU dan Bawaslu Kabupaten Purbalingga serta seluruh pejabat utama polres dan kapolsek jajaran serta stakeholder terkait.


Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan mengatakan rapat ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi seluruh pihak maupun stakeholder terkait, dalam pengamanan tahapan Pemilu 2024. Dimana tahapannya sudah mendekati kegiatan-kegiatan yang menjadi fokus pengamanan.


"Seluruh stakeholder di Kabupaten Purbalingga harus menyamakan persepsi. Tujuannya menjaga dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali serta nyaman bagi masyarakat," ucapnya.


Sekda Kabupaten Purbalingga Herni Sulasti mewakili Bupati Purbalingga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Purbalingga dan seluruh jajaran serta petugas pengamanan dari seluruh satuan yang terlibat Operasi Mantap Brata 2023-2024 atas kesiapan dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2024.


"Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyambut baik dan positif kegiatan rapat koordinasi ini. Kegiatan sebagai bentuk nyata upaya preventif segenap aparat keamanan dalam memberikan pelayanan dan jaminan keamanan bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Purbalingga," ucapnya.


Disampaikan pesan bupati agar dalam rangka pengamanan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, seluruh stakeholder terkait, bisa merapatkan barisan dan terus meningkatkan sinergitas. Hal itu untuk mewujudkan dan mensukseskan Pemilu 2024 dalam keadaan aman dan kondusif.


Dandim Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol mengatakan pihak TNI yang ada di Kabupaten Purbalingga bertekad mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. Selain itu, TNI menjamin netralitas dalam Pemilu 2024.


"Kami akan mengikuti aturan dan pedoman yang telah dibuat, disepakati dan diturunkan kepada kami dalam menyikapi setiap tahapan pemilu. Kami sifatnya membantu keamanan dalam Pemilu 2024," ucapnya.


Kegiatan rakor lintas sektoral diisi dengan paparan Kapolres Purbalingga tentang kesiapan pengamanan Pemilu 2024. Selain itu disampaikan potensi kerawanan dalam Pemilu 2024 serta langkah-langkah yang dilakukan pihak kepolisian dalam menciptakan situasi kondusif pada Pemilu 2024.


Paparan juga disampaikan oleh Catur Sigit Prasetyo dari KPU Kabupaten Purbalingga. Selain itu, paparan juga disampaikan oleh Teguh Irwanto dari Bawaslu Kabupaten PurbaIingga.


Imam Santoso