Polres Purwakarta Lakukan Penyelidikan Terkait Dugaan Keracunan Massal Di Kecamatan Sukatani
-->

Advertisement


Polres Purwakarta Lakukan Penyelidikan Terkait Dugaan Keracunan Massal Di Kecamatan Sukatani

LKI CHANNEL
06 May 2024

LKI Channel - Purwakarta


Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat lakukan penyelidikan terhadap dugaan keracunan massal yang terjadi di Kampung Sukamulya, Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, Pada Minggu, 5 Mei 2024.


Diketahui, sekitar 159 orang mengalami gejala keracunan usai mengkonsumsi diduga dari makanan hajatan di Kampung Sukamulya, Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta. 


Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Reskrim, AKP Muchammad Arwin Bachar mengungkapkan, kini Polres Purwakarta lakukan penyelidikan terhadap dugaan keracunan tersebut. 


"Sampai saat ini masih dilaksanakan penyelidikan lebih lanjut oleh Satreskrim Polres Purwakarta dan Polsek Sukatani," Ucap pria yang akrab disapa Arwin tersebut, Pada Senin, 6 Mei 2024.


Ia menyebut, para korban mengalami gejala pusing, mual, muntah dan diare setelah makan makanan yang ada di acara khitanan yang digelar warga di wilayah tersebut. 


"Acara hajatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB, mulai terasa oleh para korban antara pukul 12.00 Wib, rata rata korban mengalami buang buang air besar berulangkali, muntah-muntah dan pusing. Lalu pada sekira pukul 14.00 WIB dan 15.00 WIB para korban mulai lemas," jelas Arwin. 


Ia menambahkan, sekira Pukul 16.00 WIB para korban dirawat oleh bidan Desa Pasirmunjul, Puskesmas Sukatani dan RSUD Bayu Asih Purwakarta. 


"Untuk Saat ini, dari total keseluruhan yang berobat  sebanyak 159 orang, yang masih dirawat 14 orang di Puskesmas Sukatani dan RSUD Bayu Asih Purwakarta, sedangkan 145 orang sudah pulang," Ujarnya. 


Ia menyebut, pihak Polres Purwakarta sudah koordinasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta untuk mengambil sampel makanan serta muntahan guna mengetahui penyebabnya. 


"Masih dalam penyelidikan. Kami juga mengamankan barang bukti berupa semple makanan dan wadah yang diduga penyebab terjadinya keracunan. Serta Kami juga sudah melakukan pengecekan TKP dan meminta keterangan dari sejumlah warga. Alhamdulillah para korban sudah mulai membaik. Kini masih kami dalami penyebab keracunan tersebut," Ucap Arwin. 


(Yn)