Komisi 3 DPRD Purwakarta Terima Audensi Warga Bunder Dan Sidak Langsung Ke PT. metro Preal
-->

Advertisement


Komisi 3 DPRD Purwakarta Terima Audensi Warga Bunder Dan Sidak Langsung Ke PT. metro Preal

LKI CHANNEL
08 December 2021

LKI Channel - Purwakarta


Aksi Audensi Warga Masyarakat Rw.04 Desa Bunder,Kecamatan Purwakarta,Kabupaten Purwakarta,yang di wakili oleh,Bamusdes Desa Bunder,Bapak Rt.12 dan beberapa tokoh masyarakat,di sambut baik oleh pihak komisi 3 DPRD Kabupaten Purwakarta Rabu 8/12/2021.


Di adakannya aksi Audensi tersebut membahas perihal seringnya banjir,bila hujan turun menggenangi pesawahan dan kolam ikan milik warga sekitar yang berada di wilayah Rw.04 Desa Bunder,Kecamatan Jatiluhur,Kabupaten Purwakarta yang mana sampai hari ini belum ada penyelesaian dari PT.Metro sendiri.


Audiensi tersebut di hadiri oleh Dua anggota DPRD Komisi 3 yakni H.Hidayat S.Th.i dan Asep Abdulloh  dan perwakilan dari Dinas terkait dari mulai Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU Binamarga.


H.Adang salah satu Warga Masyarakat Rw.04 mengatakan kejadian banjir tersebut sudah lama jadi masalah buat Warga masyarakat sekitaran Pt.Metro yang memang setiap musim hujan sudah pasti luapan air menggenangi pesawahan dan kolam ikan milik warga


Pernah pihak perusahaan bermediasi dengan warga dan berjanji akan memperbaiki saluran tersebut dan tidak akan banjir lagi karena akan mengganti gprong-gorong yang tadinya berdiameter 80inc menjadi 120inc,ternyata sampai sekarang tidak pernah di ganti dan masih tetap banjir,ucapnya.


Sebagian Masyarakat yang terdampak dari luapan air hujan itu di alami beberapa Warga yakni seperti Ukar yang usaha budidaya ikan telah di rugikan sebanyak 600 Kg ikan Lele,dan 700 Kg,ikan mas,di susul oleh Warga lain nya yakni Wawan dan Odih masing-masing sebanyak 100 Kg,adapun terdampak lainnya adalah Ajiji yang terendam persawahannya hingga mengakibatkan gagal panen.


H.Hidayat S.Th.i menyampaikan bahwa ia akan mempertanyakan tentang perijinan dan Amdalnya kepada pemerintah hingga PT.METRO dapat berdiri hingga kini, dan untuk mengambil keputusan yang tepat, baiknya harus turun ke lapangan langsung untuk kroscek agar tau yang sebenarnya apa yang menjadi pokok permasalahannya.


Setelah pernyataan-pernyataan dari Warga Masyarakat Desa Bunder sudah di terima oleh pihak Komisi 3 DPRD Kabupaten Purwakarta, pihak dari komisi 3 dan perwakilan dari Dinas LH dan Dinas Binamarga langsung mendatangai Pt.Metro untuk melakukan Sidak hari itu juga,bersama Warga Masyarakat yang memang di rugikan,untuk melihat langsung sumber yang mengakibatkan banjir tersebut dan sekaligus mempertanyakan langsung tanggung jawab pihak Pt.Metro kepada warga sekitar yang terkena dampak banjir.


Di tempat yang berbeda Evad sebagai Direktur Pt.Metro Preal Indonesia mengatakan kepada salah satu Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Purwakarta,(Asep Abdulloh),pihak PT.Metro akan mengadakan pertemuan dengan Bamusdes dan Rt setempat untuk tindak lanjut terkait masalah ini


Dan Awak Media mengkonfirmasi kepada Evad hanya mengatakan nanti saya akan ajukan dan meminta data ganti rugi warga untuk di ajukan ke atasannya.


Harapan warga kepada Komisi 3 DPRD Purwakarta agar dapat membantu warga supaya PT. Metro Preal mengganti kerugian warga yang terkena dampak dan kedepannya supaya tidak terjadi lagi .


(Yana)