Atasi Kesulitan Air Warga, Yonarmed 13 Laksanakan Pembuatan Sumur Air Bersih Di Wilayah Cikembar
-->

Advertisement


Atasi Kesulitan Air Warga, Yonarmed 13 Laksanakan Pembuatan Sumur Air Bersih Di Wilayah Cikembar

LKI CHANNEL
24 February 2022

LKI-Channel , Sukabumi


Kebutuhan sumber daya air bersih semakin meningkat setiap saat di setiap tahunnya. Perbedaan kondisi geologi yang terdiri dari morfologi daerah, satuan litologi, dan sturuktur geologi di wilayah Indonesia berbeda-beda. Faktor curah hujan dan hidrologi di wilayah tertentu Indonesia juga menjadi salah satu faktor untuk mendapatkan sumber daya air bersih. Terlebih, air bersih memiliki nilai yang strategis lantaran sudah menjadi sumber kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dengan tingkat ketergantungan atas pasokan air baku dari air tanah yang begitu tinggi.


Namun kesulitan air bersih masih dirasakan Oleh warga kampung Lewibolang Desa. Sukamulya Kec. Cikembar Kab. Sukabumi. Rabu, (23/02/2022)


Kendala kekeringan air disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya dikarenakan sumber air pada warga hanya menggunakan sumur mesin,  apabila musim panas kekeringan jika musim hujan air nya kotor dan keruh.


Menanggapi kondisi akses air bersih yang masih kurang dirasakan oleh para warga,  Yonarmed 13, menghadirkan sumur air untuk di aliri ke rumah-rumah warga di Kp Leuwi Bolang sebanyak 55 KK, untuk Satuan Yonarmed 13, 214 KK.


Pembangunan sumur air tersebut di danai oleh Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc


Tujuan dibangunnya sumur air bersih  untuk kebutuhan warga masyarakat sekitar, dan juga untuk Yonaemed 13 Sendiri, selain untuk kebutuhan sehari-hari juga akan digunakan untuk pengairan kebun.


Pengerjaan sumur air bersih, dipimpin langsung oleh Lettu Arm Ediyah, dibantu 10 prajurit dan bekerja sama dengan satuan Pal Kostrad dan ketua RT Lewibolang, Bapak Encik, diperkirakan akan selesai dalam 3 bulan ke depan


Pembangunan sumur tersebut mengunakan Material GPS, pipa/ paralon, dll. Nantinya akan di peruntukan ke lahan warga seluas 12 Ha di Kp Lewi Bolang, untuk Yonarmed 13 di lahan seluas 17 Ha dan jarak sumber air di pungsikan ke sasaran sekitar 800 M.


Hadirnya Sumur baru tersebut diharapkan dapat membantu para warga untuk mendapatkan akses air bersih dengan lebih mudah


(Almiat)