Harapan dan Semangat Baru Terhadap SWI Pada Deklarasi serta Rakernas Pada 22-25 Juli 2022 di Jakarta
-->

Advertisement


Harapan dan Semangat Baru Terhadap SWI Pada Deklarasi serta Rakernas Pada 22-25 Juli 2022 di Jakarta

LKI CHANNEL
11 June 2022

LKI-CHANNEL , BANTEN


Rencana kawan-kawan jurnalis untuk melaksanakan  deklatasi dan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) pertama pada 22- 25 Juli 2022 sungguh menarik  dan perlu didukung oleh segenap insan pers maupun berbagai pihak yang merasa berkepentingan untuk memajukan dunia kewartawan di Indonesia.


Karena wartawan menjadi semacam matahari atau rembulan yang mampu menerangi jagat. Andai saja  anggapan dari banyak pihak bahwa pers bukan lagi dianggap sebagai pilar keempat penyangga demokrasi dan insan yang sehat dalam menjaga kehidupan arus informasi serta publikasi yang  diperlukan oleh masyarakat.


Karena itu, upaya mendeklarasikan diri Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia sangat diperlukan untuk membuat keseimbangan dari berbagai organisasi wartawan -- pers, jurnalis -- atau sebutan apa saja untuk mereka yang menekuni profesi di media cetak, audiovisual, audiotipe maupun media online yang hingga di puncak boomingnya sekarang ini masih "dianggap sebagai anak durhaka" yang membuat media maenstrem jadi loyo. Hidup segan dan mati pun ogah, lantaran dulu sudah terlanjur merasa enak dan sangat  bergengsi duduk di singgasana kejayaannya.


Dalam agenda Rakernas Sekber Wartawan Indonesia pada 22-25 Juli 2022 itu kelak idealnya bisa lebih dimatangkan (dimantapkan) bentuk organisasi, program kerja serta tata aturan (atau semacam AD/Art) organisasi hingga keberadaan SWI tidak cuma menambah jumlah organisasi serupa yang tidak maksimal fungsi dan peranannya ubmbtuk meningkatkan kesejahteraan anggota dalam arti luas.


Oleh karena itu -- sebagai organisasi profesi yang dapat merekrut anggota, ada bainya legal standing SWI dikukuhkan semacam setikat buruh, sehingga dapat membuat jaringan aviliasi pada level internasional dan bersandar pada konvensi ILO (International Labour Organization), sehingga gerak langkah SWI dapat  dilakukan bersama-sama dengan organisasi  sejenis pada tingkat dunia.


IPGF (Intenadional Photography and Grafiper Federation) misalntnya yang merangkul pula organisasi wartawan se dunia -- termasuk dari Indonesia seperti yang pernah dijalin baik oleh Federasi Pers, Penerangan dan Grafika  SBSI (Serikat Buruh Sejahtera Indonesia), setidaknya dapat memberi manfaat untuk memperluas wawasan dan pergaulan sesama bangsa-bangsa lain di dunia.


Oleh karena itu, agenda Rakernas  SWI idealnya juga mengagendakan format atau bentuk dari organidasi dan program nyata yang bisa menunjung pekerjaan.dan upaya meningkatkan taraf ekonpmi segenap anggota. Tentu saja untuk itu perlu kejelasan segenap hal dan kewajiban dari setiap anggota yang ada.


Sekiranya hal itu dapat dilakukan, saya kira bukan saja jumlah dari keanggotaannya akan banyak pendukungnya, tetapi dunia pers -- khusus di bidang kewartawanan akan kembali marak dan bisa kembali diperhitungkan oleh berbagai pihak yang selama ini cenderung memandang pekerjaan dari seorang wartawan itu dengan sinis dan sebelah mata saja. Artinya, dengan tata kelola organisasi yang baik dan maksimal itu, unsur pelayanan bagi segenap anggota sungguh dapat memberi rasa nyaman dan aman dengan perlindungan yang maksimal harus dapat diberikan.


Selamat Deklarasi dan Rakernas untuk SWI. Semoga bisa ikut menghembuskan suasana yang segar pada habitat pers Indonesia yang kini terkesan kelam dan merana.


(Red)