Waspada !! Kasus Penyakit Demam Berdarah Meningkat, PSN Plus Cara Paling Efektif
-->

Advertisement


Waspada !! Kasus Penyakit Demam Berdarah Meningkat, PSN Plus Cara Paling Efektif

LKI CHANNEL
07 June 2022

LKI Channel - Purwakarta


DBD merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh virus dengeu ,virus ini menyerang sistem peredaran darah sehingga rendahnya tingkat trombosit darah dan Penyebaran penularannya dibawa oleh nyamuk aedes aegepty melalui gigitan kepada Kulit tubuh manusia,sehingga mengakibat kan beberapa gejala seperti Demam tinggi mencapai 40°c ,terdapat bintik merah pada kulit/ruam kulit ,sakit kepala ,nyeri otot ,mual dan muntah.


Di kecamatan Sukatani kabupaten Purwakarta untuk kasus penyakit demam berdarah terus meningkat sampai Mei 2022, hal ini menyebabkan kegelisahan warga akan penularan penyakit DBD,  data yang  di terima awak media LKI Channel bahwa di  kecamatan Sukatani kabupaten Purwakarta dari Januari 2022 sampai Mei 2022 kasus nya meningkat .


Hal tersebut dibenarkan kepala puskesmas kecamatan Sukatani Hj. Karmilah S.KM,M. Kes , bahwa memang untuk wilayah kecamatan Sukatani kasus DBD ada peningkatan dari Januari 2022 sampai Mei 2022  :

-Januari 5 kasus

- February 10 kasus

- Maret 6 kasus

- April 8 kasus 

- Mei 10 kasus 

Itu laporan yang sudah kita berikan kepada Dinas Kesehatan berdasarkan kasus di lapangan ,baik yang mendapatkan perawatan di rumah sakit,klinik dan puskesmas.


Memang peningkatan kasus DBD ini seiring dengan faktor cuaca yaitu sering nya turun hujan ,sehingga banyak sarana sarana yang di jadikan sarang nyamuk. Ucapnya


Kami pun dari pihak puskesmas selalu berkoordinasi Lintas sektoral dengan kecamatan ,muspika dan kepala desa terkait kasus peningkatan DBD ini,sehingga kita semua disini wajib untuk waspada karena tidak cukup hanya peran dari puskesmas saja .


Hj karmilah S. KM,.M. Kes sangat berharap peran serta masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk di rumah masing masing ,setiap seminggu sekali pihak puskesmas selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan program PSN plus melalui bidan desa ,ada beberapa desa mengajukan pemusnahan nyamuk Aedes aegepty melalui fooging,tetapi hal tersebut sebenarnya kurang efektif karena yang lebih efektif yaitu dengan pemberantasan Sarang Nyamuk (SPN) plus ,salah satu nya 3M ( menguras/Membersihkan ,Menutup dan mengubur ) benda benda yang dapat di jadikan sarang nyamuk Aedes aegepty. Ungkap Hj. Karmilah


Di hari yang berbeda Awak media LKI Channel pun mencoba mengkonfirmasi ke beberapa desa yg warga terjangkit DBD, ke salah satu aparatur desa, bahwa memang benar warga Kami ada yang terkena DBD tapi sampai sekarang belum ada penangan dari pihak puskesmas atau dinas kesehatan terkait penyebaran penyakit demam berdarah  ini , padahal kami sudah melayangkan surat untuk di lakukan fooging,untuk sosialisasi program PSN plus ke desa pun belum ada .


Hal tersebut di bantah oleh kepala puskesmas Hj.Karmilah S. Km, M. kes, bahwa semua desa yang mengajukan surat untuk fooging sudah dilaksanakan,seperti hal nya di salah satu pondok pesantren Al-muhajirin 3 ,sekarang kami sedang melakukan fooging/ pengasapan dalam pemberantasan nyamuk demam berdarah .


Kami pun menegaskan bahwa peran serta masyarakat dalam pemberantasan penyebaran penyakit  Demam Berdarah sangat lah penting karena hanya dengan melakukan PSN plus penyebaran penyakit demam berdarah bisa lebih efektif pemberantasan nya  .pungkas Hj. Karmilah


(Yn)