Sepuluh koprasi yang ada di kabupaten sukabumi menggelar deklarasi
-->

Advertisement


Sepuluh koprasi yang ada di kabupaten sukabumi menggelar deklarasi

LKI CHANNEL
01 July 2022

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Deklarasi Penambangan Rakyat Sukabumi Bersatu dengan tema Bersatu Kita Maju dilaksanakan di Aula Desa Kertajaya Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Jum'at (01/07/2022).


Kegiatan ini di hadiri oleh Pemerintah Desa Kertajaya dan Cihaur, Kapolsek Simpenan serta Koramil 0622-02/Palabuhanratu dan para ormas, lembaga peguron dan para koperasi penambang Rakyat.


Irfan Zaini atau di sebut dengan akrab Pablo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang hari ini hadir, serta masyarakat atau para koperasi penambang pasir rakyat.


"Kami berharap ini menjadi sebuah momentum semua koperasi penambang yang ada di Sukabumi maupun di Indonesia," ucapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Kertajaya Asep Yusnandar sekaligus membuka acara deklarasi dan mengucapkan terima kasih kepada para panitia dan memberikan apresiasi yang sangat baik dapat mengumpulkan atau terlaksananya Deklarasi Penambang Rakyat Sukabumi Bersatu.


"Sebuah perbedaan sudah biasa, tetapi perbedaan itu harus bisa menjadi wadah persamaan dan persatuan," ungkapnya.


Hal senada pun diucapkan Kepala Desa Cihaur Kecamatan Sipenan Kabupaten Sukabumi, Anwar mengatakan ini adalah momet yang sangat istimewa.


"Karena kami memahami perjuangan para penambang dan bahwa secara geografis wilayah Cihaur sangat mempunyai sumber daya alam dan mengenai penambangan pekerjaan dari zaman Nenek Moyang kita, hingga saat ini di daerah kami," terangnya dengan singkat.


Ketua Koperasi Tambang Rakyat Sukabumi yang di wakili oleh Mumung Subarkah  mengatakan dalam sambutan nya, Kami mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir di acara ini.


"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan para ketua koperasi yang telah hadir dan membantu telaksananya acara ini dan kami memohon doa dan keikhlasan kepada ketua kami yang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit agar beliau di berikan kesehatan," tuturnya.


Mumung menambahkan, Kami sedang mengadakan koordinasi kepada pemerintah, agar kami di anggap menjadi penambang yang sah.


"Supaya kami bisa menjalankan nya dengan kearifan Lokal," ujarnya.


Sambutan salam satu ketua koperasi wilayah Lengkong Asep Suparman mengatakan, ini akan menjadi harapan di Kecamatan Lengkong dengan ada deklarasi ini.


"Kami mengajak saling membantu dan mendukung untuk kemajuan kita bersama," tegasnya.


Salah satu koperasi wilayah Waluran Asep Wahyu mengucapkan terima kepada para panitia, sehingga telaksana nya Deklarasi Penambang Rakyat Sukabumi Bersatu.


"Walaupun di laksanakannya di Kertajaya karena dominan penambang pasirnya. Kami penambang pasir dari waluran banyak di bantu dan di bimbing oleh Bapak Camat Simpenan.


"Semoga Kecamatan Waluran bisa selalu bekerja sama dengan Kecamatan Simpenan dalam kegiatan penambang Rakyat," imbuhnya.


Perwakilan Koperasi dari Wilayah Jampang Agus Triatna juga mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya acara ini, menjalin kerja sama dan kemitraan dalam Deklarasi Penambangan Rakyat Sukabumi Bersatu. Kami di koperasi Jampang Tanda Mangkalangan ada 5 bidang, tapi kami pertama lebih fokus dulu dalam penambangan dalam segi izin pertambangan Rakyat dan telah membentuk koperasi - koperasi.


"Harapan dengan adanya acara ini kita bisa bersatu dalam Penambang Rakyat Sukabumi bersatu dalam tema Bersatu Kita Maju dan meminta kepada para kecamatan untuk mengawal dan membantu dalam segala aspek untuk terlaksananya koperasi kita dengan tujuan memajukan wilayah kami," jelasnya.


Ketua Komunitas Koperasi penambang Sukabumi Dede Kusdinar alias Oding dalam sambutan nya mengatakan, dengan bisa nya kita bersatu. Semoga niat kita terlaksana dengan baik.


"Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pemerintah Desa, pihak kepolisian, para kepala desa serta elemen Ormas, kepemudaan dan masyarakat," ungkapnya.


Dede menambahkan bahwa inti dari Deklarasi Penambang Rakyat Sukabumi Bersatu dengan ini yakin bisa membangun daerah kita semua dalam wadah dan persatuan dan semoga menjadi Forum Penambang Rakyat Sukabumi Bersatu yaitu dengan bersatu kita yakin maju kalau memang kita bisa bersatu.


"Dalam hal ini dengan perjuangan kita dalam menyatukan para penambang bisa terlaksana dengan baik. Dengan adanya persatuan dan kesatuan kita, Insya Allah jauh dari permasalah dan perpecahan di antara para penambang di Sukabumi ini dan bisa berkontribusi untuk pembangunan serta kemajuan wilayah kita di Sukabumi," ujarnya.


Camat Simpenan Prama Rezamudra S,STP dalam sambutannya mengatakan, mengenai adanya deklarasi ini bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan serta menjalin kemitraan dan kerja sama antar koperasi, pengusaha dan akademi serta insan pers.


"Agar terwujud nya kemajuan dan keinginan kita serta bisa berkontribusi untuk kemajuan dan pembangunan daerah kita," tandasnya.


Kapolsek AKP Dadi,S.Pd dalam sambutanya mengatakan,dengan adanya deklarasi ini sangat mendukung. Semoga bukan hanya di sini saja, tetapi tujuan persatuan dan kesatuan ini bisa berjalan dengan baik.


"Semoga dengan adanya persatuan ini ini dapat menciptakan ekonomi masyarakat dan bisa memajukan pembangunan desa nya masing-masing di wilayah Penambangan," pungkasnya.



( DN)