Demi Meningkatkan Perekonomian UMKM Masyarakat Desa Sukajaya ,Bumdes Pasarkan Produk Lokal
-->

Advertisement


Demi Meningkatkan Perekonomian UMKM Masyarakat Desa Sukajaya ,Bumdes Pasarkan Produk Lokal

LKI CHANNEL
01 September 2022

LKI Channel - Purwakarta


Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) UMKM di desa Sukajaya kecamatan Sukatani kabupaten Purwakarta saat ini mulai menggeliat dengan mengeluarkan beberapa produk lokal makanan ringan .


Ketua Bumdes Sukajaya H. Denda Suhendar SPD.i sebagai pencetus adanya ide untuk membuat produk lokal seperti makanan ringan bisa juga bisa di sebut cemilan menilai bahwa UMKM desa Sukajaya bisa mengatasi permasalahan dan solusi ekonomi pada kelas kecil sampai menengah di desa Sukajaya .


Menurut H Denda Suhendar dengan Bumdes mempunyai inisiatif untuk mengembangkan UMKM dapat melatih serta mengembangkan keterampilan dalam berwirausahaan agar mempunyai kemampuan dalam menjalankan usaha mikro .


"Kami Bumdes bersama warga bekerja sama memproduksi dan memasarkan produk yang akan di pasarkan ,ada beberapa produk yang sudah siap di pasarkan dan di kemas agar mempunyai daya tarik kepada para konsumen ,contoh nya seperti Rengginang Suka jaya,kripik pisang suka jaya,kripik sukun Suka jaya dan lain lain".ungkap nya


Selama berdiri nya Bumdes di desa Sukajaya baru kali ini membuat suatu inovasi dengan membuat sebuah produk makanan ringan yang di sukai masyarakat ,untuk nama namanya produk makanan juga tetap mempunyai ciri khas daerah di Jawa barat .


Untuk pemasarannya kami akan mencoba dengan cara bekerja sama dengan stand stand atau toko toko yang ada di kabupaten Purwakarta,untuk ruang lingkup kecil pemasaran saat ini baru akan bekerja sama dengan beberapa toko di rest area .


Dalam hal ini kepala desa Sukajaya Nirwan Hermawan sangat menyambut baik dan mendukung dengan adanya beberapa produk lokal desa Sukajaya yang di prakarsai oleh BUMDES .


Dengan adanya UMKM mudah mudahan dapat mengurangi angka pengangguran yg ada di desa Sukajaya,dan UMKM di desa Sukajaya dapat berkembang pesat serta pemerintah daerah dapat mendukung penuh Bumdes desa sukajaya. pungkas nya

( Yn)