Pagelaran Wayang Golek Semalam Suntuk Dalam Acara Ruat Bumi Desa Mereng Oleh Ki Dalang Siswo Carito
-->

Advertisement


Pagelaran Wayang Golek Semalam Suntuk Dalam Acara Ruat Bumi Desa Mereng Oleh Ki Dalang Siswo Carito

LKI CHANNEL
23 August 2023

LKI-CHANNEL , Pemalang 


Acara Puncak Malam Resepsi HUT RI yang  ke - 78 akan di laksankan bersamaan  dengan Acara Ruat Bumi yang akan digelar Hari Selasa ( 22 / 08 /2023 ) bertempat di halaman Balai Desa Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang sekitar  Pukul 20.00 Wib.



Pada Pukul 13.00 Wib acara Ruat Bumi di mulai dengan pembukaan pagelaran Wayang Golek yang dibawakn oleh Ki Dalang Sudarsono dari Tegal,seusai acara pagelaran Wayang Golek Masyarakat yang hadir akan memperebutkan berbagai macam aneka makanan,buah - buahan dan air yang telah di Ruwat oleh Ki dalang Sudarsono.dan malamnya akan disuguhkan pagelaran Wayang Golek semalam suntuk yang akan dibawakan oleh Dalang ki Siswo Carito dari tegal dan acara pembagian Hadiah bagi yang menjadi juara lomba.


Konon menurut cerita dari para sesepuh Desa Mereng bahwa Desa Mereng dilarang mengadakan pagelaran Wayang Kulit baik  Ruat Bumi maupun acara hajatan atau acara yang lainya kalau dilanggar pantangan tersebut maka akan ada sesuatu  yang tidak diinginkan akan terjadi .

Menurut penuturan salah satu warga kepada kami " Memang betul menurut cerita dari turun temurun bahwa bahwa Desa Mereng ada semacam pentangan untuk tidak mengadakan acara pagelaran Wayang Kulit namun untuk pagelaran Wayang Golek masih dipebolehkan,dulu pernah terjadi salah satu warga mengadakan acara pegelaran Wayang Kulit namun apa yan terjadi acara pagelaran Wayang Kulit belum selesai secara mendadak ada kejadian yang tidak terduga yaitu datang secara tiba - tiba angin puting beliung yang sangat besar membuat membuat acara pegelaran Wayang Kulit berhenti dan tidak dapat dilanjutkan lagi." Pungkasnya.


Andri Irawan Selaku Kepala Desa Mereng Menuturkan kami " Alhamdulillah Acara Ruat Bumi sedang dilaksanakan pada hari ini,tadi kira - kira Pukul 13.00 Wib acara Ruatan di mulai oleh Ki Dalang Darsono dari Tegal, rencananya Acara Pagelaran Wayang  Golek semalam suntuk untuk menghibur Masyarakat Desa Mereng yang akan dibawakan oleh Ki Siswo Carito dari Tegal dan akan hadir pula sebagai bintang tamu yaitu Sinden Ciblek dari Sumpyuh Banyumas.

Acara akan dimulai sekitar pukul 19.00 Wib dan sebelum pagelaran Wayang Golek dimulai akan diadakan acara pembagian Hadiah bagi para pemenang lomba yang sudah dilaksanakan beberapa Hari yang lalu." Jelasnya.


" Memang sudah di musyawarahkan bersama sebelumnya dan mencapai kesepakatan untuk Malam Resepsi HUT RI yang Ke - 78 akan dilaksankan bersamaan dengan acara Ruat Bumi "Imbuhnya.

Andri Irawan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Warga Masyarakat Desa Mereng atas Atensi dan Partisipasinya sehingga acara Ruat Bumi dan Malam Resepsi HUT RI dapat dilaksanakan, Semoga Masyarakat Desa Mereng merasa puas dan dapat menikmati acara pagelaran Wayang Golek semalam suntuk. 


(Imam Santoso)