Festival Anak Saleh Indonesia digelar di Gedung AL Muhimat Desa Belik
-->

Advertisement


Festival Anak Saleh Indonesia digelar di Gedung AL Muhimat Desa Belik

LKI CHANNEL
08 October 2023

LKI-CHANNEL , Pemalang


Festival Anak Saleh Indonesia atau lebih akrab disebut dengan FASI merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPA) dan Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).


Setelah 3 tahun lalu tidak dilaksanakan akibat pandemi covid 19, akhirnya pada tahun 2023 ini FASI Kecamatan Belik  dapat diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (Badko) Kemenag Kecamatan Belik.


FASI yang digelar di Gedung AL Muhimat Desa Belik, Minggu (08/10/2023) itu mengangkat tema “Dengan FASI, meneguhkan rev0lusi mental dalam rangka membangun akhlakul karimah ”.


Panitia juga turut mengundang Ketua Badko Kabupaten serta Kepala KUA Belik di hadirkan dengan tujuan ingin menunjukkan jika di masing-masing LPQ itu masih banyak anak atau generasi yang berpotensi dan berprestasi.


“Tujuan diadakannya FASI dapat menanamkan keimanan dan ketaqwaan para peserta didik, mengembangkan kemampuan dalam baca tulis Al-quran serta dapat mengamalkan, menghafal, memahami dan menafsirkan, menjadikan pribadi peserta didik yang berakhlakul karimah,” kata Ketua Badko Pemalang Agus Mu'tasim Billah Spdi melalui Ketua Badko Pemalang, ketua panitia Ustad Badru Zaman  saat ditemui beritatimur.id di sela-sela lomba FASI, Minggu (08/10/2023).Badru Zaman menjelaskan, FASI dilaksanakan dalam bentuk seleksi ketat oleh tim penilai yang sudah ditunjuk dan ahli dibidangnya, nantinya para peserta yang lulus seleksi berhak mewakili Kecamatan Belik mengikuti FASI tingkat Kabupaten.


Adapun cabang yang dilombakan pada FASI tahun ini yaitu untuk tingkat TKQ terdiri dari Adzan dan Iqomah, Mewarnai Gambar, Tartil Alqur’an dan Cerdas Cermat Alqur’an.Untuk tingkat TPQ terdiri dari Tartil Al Qur’an,  Adzan dan Iqomah, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Menggambar & Ceramah Agama sedangkan untuk tingkat TQA yaitu Tilawah Al-Qur’an, Hafalan (Tahfidz) Juz’Amma, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Kaligrafi dan Ceramah Agama Islam.Peserta seleksi FASI tingkat kecamatan belik tahun ini berasal dari perwakilan 14 LPQ di Kecamatan Belik dengan jumlah peserta 197 orang.  “Masing-masing keterwakilan dari LPQ,” ujarnya.


Badru Zaman berharap agar FASI ini menjadi langkah awal dan batu loncatan supaya anak berkarakter, mandiri dan sholih, sehingga bisa memberikan yang terbaikuntuk semuanya,Ajang ini untuk mencari bibit-bibit berprestasi, bukan soal menang atau kalah, namun lebih menanamkan pendidikan karakter anak, sehingga bisa bersaing untuk menjadi yang terbaik di FASI tingkat Kabupaten dan bisa mengharumkan nama Badko Kecamatan Belik,” harapnya.


Peserta terbaik 1, 2 dan 3 kali ini mendapatkan Piala dan  Nantinya juga ada piala juara umum. “Penyerahan hadiah akan diserahkan pada apel hari santri nasional di Gedung Badko al muhimat pada 22 oktober,” ujarnya.


Imam Santoso