Pemdes Gandasoli Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Tebar 3000 Ekor Benih Ikan Nilem di Sungai Cibodas, Sungai Cikedok dan Sungai Cibeureum
-->

Advertisement


Pemdes Gandasoli Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Tebar 3000 Ekor Benih Ikan Nilem di Sungai Cibodas, Sungai Cikedok dan Sungai Cibeureum

LKI CHANNEL
27 December 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan benih ikan Nilem kepada Pemdes Gandasoli Kecamatan Cikakak, sekaligus menebarkan benih ikan tersebut di sungai Cibodas, sungai Cikedok dan Sungai Cibereum Desa Gandasoli dalam rangka melestarikan sumber daya ikan untuk Perairan Umum Darat (PUD), Rabu ( 27/12/2023)


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati melalui Analis pengeolaan sumber daya ikan, Widya mengatakan, Alhamdulilahhirobil alamin hari ini telah di laksanakan pelepas peliaran ikan di sungai bersama perangkat desa dan kepala Desa Gandasoli.


"Alhamdulilah ini pelepasan liaran ikan ini merupakan upaya dari Dinas Perikanan untuk melestarikan ikan dan penambahan stok ikan di alam yang nantinya harapan nya ini juga untuk pencegahan stunting untuk penambahan gizi masyarakat sekitar," ucapnya.


Widya pun menjelaskan bahwa hari ini kita sebar per'desa 3000 ekor nilem, dimana ikan nilem ini merupakan ikan asli dari Kabupaten Sukabumi.


"Kami dari Dinas Perikanan rutin dari tahun terakhir ini pelepasan liaran ikan yang nanti nya harapan nya dapat di tularkan ke desa- desa dan masyarakat sekitar untuk ikut serta aktif melestarikan pelestarian ikan. Adapun untuk pengusulanya bisa lewat desa, dimana pihak desa memberikan surat usulan atau proposal ke Dinas Perikanan yang melampirkan lokasi yang akan di laksanakan pelepas liaran. Kemudian jenis ikan apa dan berapa jumlah nya, insya Allah dari dinas perikanan akan melakukan klarifikasi kelapangan," terang Widya.


Sementara itu, Ditempat yang sama Kepala Desa Gandasoli Ece Kurniawan mengucapkan alhamdulilah kami mengucapkan berterima kasih, khusus nya buat Ibu Kadis Perikanan atas pemberian bibit ikan nilem sebanyak 3000 ekor. Mudah- mudahan kedepan nya Ibu Kadis Perikanan jaya terus dan sukses selalu. Bantuan Ikan nilem ini akan di sebar di tiap sungai yang ada di Desa Gandasoli.



"Saya berharap mudah-mudahan nanti kedepan nya dari Dinas Perikanan ada lagi bantuan-bantuan selain ikan, bantuan apa pun juga kami pengen banget di bantu khusus nya dalam bidang infrastruktur pembuatan kolam ikan, apa pun juga kami terima. Mudah-mudahan ini bermanfaat buat warga Desa Gandasoli," pungkasnya.


(Ateu Ellah)