UNHAN Laksakan Program "Tani Merdeka" Di Desa Gandasoli Purwakarta
-->

Advertisement


UNHAN Laksakan Program "Tani Merdeka" Di Desa Gandasoli Purwakarta

LKI CHANNEL
05 May 2024

LKI CHANNEL - Purwakarta


Program dari kementrian pertahanan melalui UNHAN (Universitas Pertahanan Republik Indonesia) untuk mensosialisasikan program pupuk organik, yang kebetulan untuk wilayah Jawa Barat - Purwakarta yang salah satunya berada di wilayah Kecamatan Plered tepatnya di Desa Gandasoli.


Tema "Tani Merdeka" dengan tujuan yaitu memerdekakan petani dari ketergantungan pupuk, hebisida dan pestisida kimia, sehingga dapat menekan biaya produksi dan mendapatkan keuntungan yanga maksimal.

Petani dapat memenuhi kebutuhan pupuk hebisida dan pestisida kimia secara mandiri dengan memaksimalkan potensi di lingkungan sekitar 


Lurah Gandasoli (Dudun Junaedi) menyebutkan "Program ini dari Kemenhan melalui UNHAN yang maksud dan tujuannya supaya para petani tidak ketergantungan dengan pupuk kimia supaya petani untuk palawijanya bisa memakai pupuk mikroba yang dari Kemenhan dan tahapan - tahapannya akan di laksanakan hari ini oleh pihak dari Tim UNHAN dan di bantu oleh staf Desa, warga dan para petani.


"Program ini lamanya sekitar 4 bulan Dari tanam sampai petik hasil dan ini baru berjalan 1 Minggu, untuk mekanisme prakteknya nanti kita akan coba ke beberapa sawah dan akan kita bandingkan antara pupuk kimia yang biasa di pakai dan pupuk mikroba yang di sosialisasikan oleh UNHAN dan nanti kita akan lihat hasilnya seperti apa ?!, Dan siapapun warga yang ingin tahu dan saya pun selalu membagikan kabar kemana mana biar para petani yang lain tau dan tertarik.


"Harapannya kita ingin berhasil, dengan contoh yang telah di sosialisasi kan di beberapa daerah seperti Kalimantan, NTB, Gunungkidul dan beberapa daerah lain dengan pupuk mikroba dari Kemenhan hasil panen nya bagus, dan juga mudah-mudahn bisa membangun kepada anak muda khususnya di Desa Gandasoli untuk mau bertani dan menjadi petani yang milenial. "Tutupnya.


(Yadi)