Kesepuhan Sinar Resmi dapat kan Program keserasian sosial berupa SAB (Sarana air bersih) dari kementerian
-->

Advertisement


Kesepuhan Sinar Resmi dapat kan Program keserasian sosial berupa SAB (Sarana air bersih) dari kementerian

LKI CHANNEL
03 November 2019

LKI-CHANNEL,Sukabumi, 
Kementrian Sosial RI Turunkan Bantuan Sarana Air Bersih untuk Kesepuhan Sinar Resmi Guna kelangsungan hidup warga masyarakat setempat, selasa (29/10/19).

Dalam menyambut Kementrian Sosial RI, Bentuk Kegiatan Program Keserasian Sosial yang diselenggarakan oleh Forum Keserasian Sosial Sinar Resmi bertema Saresehan Keserasian Sosial yang diketuai oleh Saragosa Gia dilaksanakan Kasepuhan sinar resmi abah asep Desa Sinar Resmi Kecamatan Cisolok Kab. Sukabumi. 

Abah Asep selaku Kesepuhan Sinar Resmi Mengatakan program ini merupakan anugrah dari ilahi hal ini sangat membantu masyarakat sinar resmi dan sekitarnya dengan adanya bantuan sarana air bersih seluruh warga masyarakat tentunya merasa terbantu manfaat yang didapatkan apalagi saat ini musim kemarau yang berkepanjangan sehingga sulit mendapatkan air bensih" ungkapnya. 

Sarana Air Bersih ini merupakan  Media dalam membentuk masyarakat Berinteraksi, Komukasi, Bersosialisasi dan Bergotong royong dalam menyongsong kehidupan hal ini juga dapat di sebutkan " Habluminannas" Hubungan antar manusia yang sudah di miliki, filosifi Kesepuhan sinar resmi mengatakan "Sara Nagara Mokaha "

Saragosa Gia Selaku Ketua Forum Mengatakan bahwa Program Keserasian Sosial dari Kementrian Sosial RI sangat bermanfaat bagi Kesejahteraan Masyarakat karna sarana ini sangat dibutuhkan sekali oleh warga Sinar Resmi, apa lagi saat ini kekeringan sudah sekian lama hal itu tentunya akibatkan kekuranganya sumber mata air, dengan adanya program dari kementrian ini kami sangat bersyukur dan menjadi bagian dari perhatian Pemerintah" tandasnya.

Masih kata Saragosa, Program ini lebih mengedepankan sisi kemanusiaan apalagi di kasepuhan ini merupakan satuan adat sejak dulu yang sudah populer terkait kegiatan seren tahun yang setiap tahun nya di laksanakan hal itu merupakan bentuk  gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat."ungkapnya.

sarana air bersih ini merupakan salah satu Program Secara fisik yang di tuangkan Kementrian Sosial kepada warga kami, sarana ini merupakan  media yg sangat baik untuk kelangsungan hidup masyarakat setempat " Paparnya

Lanjut Saragosa, semoga dengan adanya sarana air bersih ini dapat menjadikan kehidupan yang lebih baik lagi, tanpa mengesampingkan serta terus menjaga kearifan lokalnya

Semoga Masyarakat kami dapat memanfaatkan sarana ini dengan cara "Ngaruwat, ngarawat, ngarumat" (memelihara dengan sebaik mungkin) serta Masyarakat wajib menjaga lingkungan juga  merawat dan melestarikan sarana tersebut," Pungkasnya

Alhamdulilah acara pun dinikmati warga masyarakat setempat serta di Hadiri oleh Pejabat Dinas Sosial Provinsi Jawa barat, Dinas Sosial Kab. Sukabumi ,Kecamatan Cisolok, Kepala Polisi Sektor Cisolok serta kepala desa Sinar Resmi dan para tamu undangan lainnya.

(andi/aank)